oleh

Manfaat Nuklir Untuk Kesehatan

Kabar6-Nuklir saat ini tidak hanya dimanfaatkan untuk pembangkit tenaga listrik. Lebih dari itu, nuklir juga sangat berguna bagi pengembangan pangan dan kesehatan. Hal ini dijelaskan oleh Kepala Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), Djarot Sulistio Wisnubroto. 

 

“Di dunia kesehatan, nuklir sangat bermanfaat di antaranya sebagai technografi untuk menganalisis ginjal,” tutur Djarot.

 

“Selain sebagai technografi ginjal, nuklir juga digunakan sebagai alat sterilisasi atau anti bakteri,” ujar Djarot menambahkan. Senin (26/1/2015)

 

Manfaat nuklir dalam bidang kesehatan tersebut mendapat dukungan dari Direktur Jenderal Badan Tenaga Atom Internasional, Yukiya Amano, yang belum lama ini, tepatnya pada 23 Januari 2015, meninjau Langsung Laboratorium Non Destructive Investigation (NDI) yang dimiliki Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) yang berada di kawasan Nuklir, Pasar Jumat.

 

Kedatangan Yukiya Amano diharapkan ikut mendorong dan menyakinkan seluruh pemangku kepentingan, pemanfaatn iptek nuklir mampu memberikan kontribusi besar dalam program kedaulatan pangan, energi, serta peningkatan kesehatan. ** Baca juga: Dark Chocolate dan Manfaatnya

 

Dirjen IAEA, Yukiya Amano mengatakan, kunjungannya ke Indonesia untuk mendukung program pengembangan teknologi nuklir secara lebih luas. Yaitu di bidang kesehatan, kemaritiman, dan pembangkit listrik.

 

“Sejak Indonesia mencanangkan pembangunan PLTN pada 1990-an, IAEA selalu memberikan bantuan dalam bentuk asistensi program, ekspertis, dan pelatihan SDM,” katanya.

 

IAEA juga mendukung penuh rencana Indonesia dalam waktu dekat untuk membangun Reaktor Daya Non Komersial (RDNK) yang akan dijadikan wahana penguasaan teknologi nuklir untuk pembangkit listrik IAEA.

 

Indonesia sendiri, salah satu negara dari 162 negara di dunia yang tergabung dalam keanggotaan IAEA yang bermarkas di Vienna, Austria. Sejak awal berdirinya IAEA pada 1957, Indonesia bersama negara lainnya aktif berpartisipasi dalam forum yang diadakan IAEA. (asri)

Berita Terbaru