oleh

Manfaat Lain Diet Buah Selain Turunkan Berat Badan

Kabar6-Meskipun ada beragam jenis diet yang bisa dipilih, kebanyakan orang melakukan dengan cara mengurangi porsi makan. Cara lain hanya makan satu atau dua kali dalam sehari.

Cara tersebut memang membuat berat badan cepat turun, tapi sayangnya tidak baik untuk kesehatan, karena dengan nutrisi tubuh yang tidak tercukupi bisa membuat badan menjadi lemas. Naiknya asam lambung hingga bisa juga pingsan secara mendadak.

Saat ini ada banyak jenis diet yang bisa dilakukan untuk mendapatkan berat badan yang ideal, salah satunya adalah diet buah. Diet ini bukan berarti mengganti semua menu dengan buah, melainkan pola makan seperti biasa tetap dilakukan dengan porsi yang cukup atau sedikit dikurangi, kemudian perbanyak makan buah hingga mengganti camilan dengan buah.

Tidak sekadar membantu menurunkan berat badan dengan cepat, seseorang yang menjalankan diet buah juga akan mendapatkan banyak manfaat lainnya untuk kesehatan, mngingat ada banyak kandungan vitamin yang terdapat dalam buah. Melansir Cermati, ini manfaat lain diet buah:

1. Turunkan tekanan darah
Mengonsumsi buah-buahan segar dan juga diimbangi dengan sayuran mampu menurunkan tekanan darah sehingga sangat baik untuk Anda yang memiliki riwayat darah tinggi.
Hasil penelitian menyebutkan, orang yang memiliki darah tinggi sebaiknya menjalankan diet buah, sayuran, produk susu yang rendah lemak, dan juga mengurangi konsumsi makanan yang berlemak.

2. Pencernaan jadi sehat
Pencernaan adalah tempat di mana semua asupan yang Anda makan kemudian diolah sedemikian rupa dan akhirnya zat-zat atau vitamin disaring dan di transfer ke pos masing-masing.

Diet buah akan menjaga pencernaan tetap sehat karena dalam kandungan buah terdapat serat alami yang bagus. Ini akan mencegah terjadinya konstipasi dan bisa membuat Anda menjadi rutin dan teratur buang air besar (BAB).

3. Turunkan risiko penyakit diabetes
Bagi Anda yang sudah terkena diabetes dan juga sedang menjalani diet, ada beberapa buah yang bagus untuk dikonsumsi antara lain kiwi, ceri, jambu biji, juwet, persik, berries, apel, nanas, belimbing, nangka, semangka, dan pepaya. Tapi tetaplah dengan takaran yang dianjurkan oleh dokter.

4. Turunkan risiko penyakit jantung
Hampir semua penelitian mengungkapkan, orang yang mengonsumsi banyak buah dan sayuran akan memiliki kesehatan yang lebih bagus dibanding orang yang jarang mengonsumsi buah dan sayuran.

Selain itu, mengonsumsi buah-buahan dalam porsi banyak juga akan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, sehingga persentase terkena penyakit jantung dan stroke bisa dihindari.

Ada beberapa rekomendasi buah dan sayuran yang bagus untuk mencegah penyakit jantung yaitu buah jeruk, anggur, limau, dan lemon. Sayuran yang dimaksud antara lain adalah bayam, selada, brokoli, dan kubis. Namun hati-hati mengonsumsi kubis terlalu banyak bisa menyebabkan perut Anda kembung.

5. Mampu lawan sel kanker
Semua orang memiliki sel kanker dalam tubuh masing-masing. Tapi, tidak semua orang memiliki sel kanker yang aktif dan tumbuh membesar. Tergantung dari pola hidup yang dijalaninya.

Setiap buah yang dikonsumsi ternyata bisa melawan adanya sel-sel kanker yang terdapat di tenggorokan, mulut, lambung, usus, kerongkongan, dan juga paru-paru.

6. Mata jadi sehat
Rutin konsumsi buah-buahan akan membantu menyehatkan mata kembali, karena kandungan dari buah-buahan segar ini sangat bagus untuk kesehatan mata dan bagian tubuh Anda lainnya. ** Baca juga: 5 Jenis Hormon pada Wanita yang Alami Perubahan Tiap Bulan

Agar diet dan kesehatan bisa mendapatkan hasil yang maksimal, Anda harus konsisten mengonsumsi buah-buahan. Dan mulai sekarang ganti camilanmu dengan buah. Jangan lupa juga imbangi tubuh dengan makanan lain yang mengandung nutrisi dan serat tinggi seperti sayuran dan biji-bijian.(ilj/bbs)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru