oleh

Mana yang Lebih Dulu, Sarapan Atau Olahraga?

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Ketika bangun di pagi hari, tubuh memerlukan asupan energi. Sementara untuk menjaga agar tubuh tetap bugar, Anda perlu rutin berolahraga. Sebenarnya, mana yang harus didahulukan? Sarapan atau olahraga?

Menurut beberapa studi, dikutip dari Grid, makan sebelum berolahraga dapat memberikan energi saat melakukan olahraga. Usai sarapan merupakan waktu terbaik untuk melakukan olahraga yang lebih intens, karena tubuh memiliki energi untuk melakukan olahraga dengan kapasitas penuh.

Dalam jurnal International Journal of Sport Nutrition and Exercise Metabolism, sebuah studi mengungkapkan bahwa mengonsumsi makanan asin sebelum berolahraga akan mencegah tubuh mengalami dehidrasi saat berolahraga, karena makanan asin dapat memberikan sumbangan elektrolit bagi tubuh yang dibutuhkan saat tubuh mengeluarkan banyak cairan. ** Baca juga: Tips Gaya Hidup Sehat yang Tidak Sepenuhnya Benar

Selain menu sarapan asin, Anda pun dapat menjaga tubuh untuk tetap terhidrasi dengan mengonsumsi cukup air di saat olahraga. Diketahui, dehidrasi saat olahraga akan mengakibatkan tubuh cepat lelah, kram satu sisi perut, bahkan gangguan fungsi organ.(ilj/bbs)

Berita Terbaru