oleh

Maling Kotak Amal Tertangkap Warga di Karang Tengah Tangerang

Kabar6-Seorang pencuri kotak amal tertangkap basah oleh warga sedang menjalankan aksinya di Masjid Al-Irsyad, Kampung Pedurenan, Kecamatan Karang Tengah, Kota Tangerang, Minggu (17/4/2022) dini hari pada saat waktu bersama sahur. Dalam melancarkan aksi menggunakan gunting sebagai alat congkel.

Pelaku disebut pernah beraksi serupa beberapa kali di masjid sekitar wilayah hukum Polsek Ciledug. Video saat sebelumnya ketangkap warga pun viral di media sosial.

Warga sekitar, Adrian mengatakan pelaku melancarkan aksinya seorang diri. Pelaku mengenakan pakaian berwarna putih tersebut saat hendak mencongkel uang di dalam kotak amal masjid sekitar pukul 03.56 WIB.

“Awalnya saya lihat dia (pelaku) ini masuk, terus keluar. Tapi habis itu masuk lagi, saya lihat ternyata dia sedang berdiri congkel kotak amal sekaligus memantau situasi, karena kan ini masjid pinggir jalan raya,” ujar Adrian kepada wartawan.

Adrian mengatakan, pelaku yang berusia sekitar 30 tahun berupaya mencongkel uang dari dalam kotak amal menggunakan sebilah gunting. Saat itu pun pelaku sempat tidur-tiduran sebelum beberapa warga lainnya memergoki aksinya.

“Dia bukan warga sini, sempat juga beberapa kali ada orang yang mencurigakan bolak-balik ke arah masjid waktu lalu. Baru pertama kelihatan juga ditangkapnya tadi pas mau nyongkel terus ngebuka pakai gunting,” katanya.

Adrian menyebutkan, diwaktu yang sama ada handphone seorang yang sedang tertidur di masjid itu juga hilang. Seroang yang istirahat diketahui mahasiswa itu beristirahat untuk melanjutkan jalan pulang ke rumahnya di wilayah Jawa Barat.

“Jadi pas aksi (pencurian) ini sempat juga ada pemuda yang lagi istirahat, tidur itu dia bangun saat beberapa warga datang. Pas itu kaget handphone miliknya juga hilang warga si menduganya maling ini tidak beraksi sendirian,” ucapnya.

Adrian menambahkan, warga menyerahkan pelaku pencurian ke Polsek Ciledug untuk proses penyelidikan lebih lanjut terkait kasus pencurian kotak amal tersebut. Sebab, khawatir akan kejadian serupa tidak terjadi di masjid saja namun menyasar rumah warga.

**Baca juga: Puluhan Warga Villa Ilhami Kelapa Dua Divaksin

“Kami serahkan ke pihak kepolisian dengan barang yang dia bawa gunting, obeng kecil, korek, dan dompet punyanya di bawa ama petugas tadi. Ya semoga cepat ditangani yang begitu, biar juga enggak ada lagi kejadian begini yang ditakutin rumah warga bisa juga nih,” jelasnya.

“Apalagi ini pelakunya udah beberapa kali ditangkap di beberapa masjid sekitar wilayah sini kan. Viral juga itu aksinya, orangnya juga sama,” tandasnya. (Oke)