Malas Sarapan Bisa Ubah Jam Biologis Seseorang

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Malas sarapan ternyata dapat mengubah jam biologis seseorang, termasuk memiliki beberapa masalah kesehatan, terutama yang berkaitan dengan sistem pencernaan. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bagaimana melewatkan makanan pertama hari ini yang dapat menghambat kesehatan seseorang. Dan sebuah penelitian baru menemukan bahwa melewatkan sarapan dapat mengganggu jam biologis tubuh.

Akibatnya, seseorang juga dapat mengalami kenaikan berat badan. Bahkan jika seseorang tidak makan berlebihan sepanjang sisa hari itu. Dilansir Okezone, kebiasaan makan yang tidak teratur seperti melewatkan sarapan sering dikaitkan dengan obesitas, diabetes tipe 2, hipertensi dan penyakit kardiovaskular. Namun dampak waktu makan yang tepat pada jam biologis tubuh kurang jelas.

Peneliti dari Universitas Tel Aviv (TAU) dan Hebrew University menemukan, efek sarapan pada tubuh yang mengatur tanggapan glukosa dan insulin pasca makan dari orang yang sehat dan penderita diabetes.

“Studi kami menunjukkan konsumsi sarapan memicu ekspresi gen siklus siklik yang tepat dan mengarah ke kontrol glikemik yang lebih baik,” kata Daniela Jakubowicz dari TAU.

Gen ini tidak hanya mengatur perubahan metabolisme glukosa sirkadian, tapi juga mengatur berat badan, tekanan darah, fungsi endotel dan aterosklerosis.

“Waktu makan yang tepat untuk sarapan yakni sebelum 09.30. Lebih dari itu dapat menyebabkan peningkatan keseluruhan metabolisme tubuh, memfasilitasi penurunan berat badan, dan menunda komplikasi yang terkait dengan diabetes tipe 2 dan gangguan terkait usia lainnya,” katanya. ** Baca juga: Punya Berat Badan Ideal Ternyata Belum Tentu Sehat, Lho

Tidak sarapan faktanya dapat membuat tubuh dapat berubah ekspresi gen hanya dalam waktu empat jam, yang berbahaya dalam jangka panjang.(ilj/bbs)