oleh

Malas Mandi Setelah Seharian Beraktivitas, Adakah Dampaknya?

Kabar6-Setelah seharian beraktivitas, membersihkan tubuh atau mandi menjadi kegiatan rutin yang dilakukan untuk menghilangkan kotoran, bakteri, dan kuman yang melekat pada tubuh.

Biasanya orang akan mandi dua kali sehari, yaitu pada pagi dan sore hari. Namun seringkali Anda tidak mandi sore karena sudah terlalu lelah atau malas. Nah, adakah dampak yang terjadi apabila Anda sering tidak mandi sore. Melansir Popbela, berikut beberapa hal yang akan dialami:

1. Susah tidur
Keringat, kotoran, dan bakteri yang tidak dibersihkan akan memicu munculnya gatal-gatal pada tubuh. Akibatnya, Anda akan sulit untuk tidur pada malam hari. Jika kebiasaan ini dilakukan dalam waktu lama, maka bisa saja muncul penyakit berbahaya yang mengancam kesehatan.

2. Bau badan
Bakteri yang menempel pada tubuh dan tidak dibersihkan akan membuat badan menjadi bau. Hal ini diakibatkan oleh keringat yang semakin menumpuk.

3. Stres dan depresi
Otot dan saraf yang kelelahan saat melakukan aktivitas seharian dapat membuat tubuh tegang. Akibatnya, Anda mudah mengalami stres dan depresi. Mandi pada sore hari bermanfaat untuk membuat tubuh lebih rileks.

4. Mudah terserang flu
Kebiasaan jarang mandi pada sore hari dapat membuat pertahanan tubuh menjadi minim. Akibatnya, tubuh akan mudah terjangkit berbagai macam virus terutama virus flu. Selain itu, jika sedang mengalami flu dan tidak mandi sore, hal tersebut dapat membuat kondisi flu semakin parah.

5. Munculnya gangguan eksim
Saat tidak mandi, tubuh akan mudah sekali terjangkit virus dan bakteri. Salah satu gangguan yang kerap muncul adalah adalah eksim atau gangguan yang terjadi akibat kulit kering dan gatal.

Gangguan ini disebabkan oleh debu, keringat, pasir, kotoran, dan bakteri lain yang menempel pada kulit dan tidak dibersihkan. ** Baca juga: Riset, Cara Berjalan Wanita Tentukan Kisah Cintanya

Jadi, jangan malas mandi usai beraktivitas seharian, ya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru