oleh

Malas Diet, Atur Pola Makan Agar Berat Badan Tetap Ideal

Kabar6-Tidak sedikit orang menjalankan diet, bahkan dengan cara ekstrem untuk mencapai berat badan ideal. Namun terkadang mereka tidak menyadari bahwa makanan yang dikonsumsi walaupun dengan porsi sedikit, justru memiliki kandungan yang bisa membuat berat badan naik.

Hal yang sebenarnya perlu diketahui adalah, Anda sebaiknya mengatur pola makan dan pola hidup yang sehat, sehingga tetap bisa memiliki tubuh ideal. Pola makan sehat juga bisa memberi efek yang baik terhadap tubuh. Melansir beberapa sumber, berikut tips mengatur pola makan yang sehat:

1. Jangan pernah meninggalkan sarapan
Sarapan merupakan hal penting dan tidak boleh dilewatkan. Sarapan merupakan faktor penting yang membuat berat badan tetap stabil. Selain menjaga berat badan tetap ideal, sarapan juga membantu kita lebih fokus untuk memulai aktivitas.

Pilihlah menu sarapan yang memiliki protein tinggi seperti susu, roti, telur, atau buah-buahan. Hindari makanan dengan kadar gula tinggi.

2. Atur porsi makan dengan baik
Semua makanan tetap dibutuhkan oleh tubuh, jadi kita perlu mengatur porsinya dengan baik. Mengatur pola makan bukan berarti harus mengurangi porsi makan sampai seminimal mungkin. Kita hanya perlu mengatur pola makan sesuai dengan kebutuhan kalori yang dibutuhkan per harinya.

Menjaga asupan kalori itu sangat penting agar semua fungsi tubuh bisa terus berjalan dengan baik. Untuk menerapkan pola makan sehat, harus diingat bahwa kita wajib memenuhi semua zat gizi yang diperlukan tubuh dalam satu porsi makan.

Pastikan ada sumber karbohidrat (makanan pokok), lauk protein (hewani atau nabati), lemak sehat, serat, serta vitamin dan mineral dari lauk sayuran. Jangan lupa selipkan satu mangkuk buah-buahan sebagai camilan di antara waktu makan.

3. Atur jadwal makan
Tidak hanya dengan mengontrol kalori yang masuk ke tubuh, memiliki jadwal makan yang baik juga dapat membantu menjaga berat badan tetap stabil dan membantu kita yang mau menurunkan berat badan.

Memiliki jadwal makan yang baik dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh, menghindari gangguan tidur, dan juga dapat menghindari kita dari berbagai jenis penyakit.

4. Rutin konsumsi buah dan sayuran
Mengonsumsi buah dan sayuran dapat membantu kita untuk mengurangi mengonsumsi makanan dengan kadar lemak, gula, garam dan kalori yang tinggi.

Buah dan sayuran yang dikonsumsi dapat membuat kita merasa kenyang lebih lama karena kandungan karbohidrat kompleks yang cukup lama dicerna.

5. Kurangi konsumsi gula dan garam
Makanan tinggi gula, garam, minyak, dan lemak juga berkalori tinggi, buruk bagi tubuh. Disarankan agar Anda membatasi porsi gula, garam, dan lemak dengan rumus G4G1L5 agar lebih mudah diingat.

Panduannya yaitu, gula 4 sdm per hari, garam 1 sendok teh per hari, dan lemak sebanyak 5 sendok makan per hari. ** Baca juga: Apa Sebab Iseng Pencet Bubble Wrap Bikin Ketagihan?

Sebagai langkah mengurangi makan dengan kadar gula dan garam yang tinggi, kita bisa mengganti gula pasir atau gula murni dengan pemanis rendah kalori. Pemanis alternatif cenderung lebih aman bagi kadar gula darah, sehingga berat badan bisa tetap terjaga.

Jangan lupa rutin berolahraga, ya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru