oleh

Malapraktik Paling Konyol di Dunia

Kabar6-Dalam hukum, malapraktik adalah suatu jenis kelalaian dalam standar profesional yang berlaku umum, dan pelanggaran atas tugas yang menyebabkan seseorang menderita kerugian.

 

Hal ini dilakukan oleh seorang profesional ataupun bawahannya, agen atas nama klien atau pasien yang menyebabkan kerugian bagi klien atau pasien. Tahukah Anda ada beberapa malapraktik yang terjadi di beberapa belahan dunia ini yang dinilai konyol? Berikut ulasannya.

 

1. Salah Sperma

Nancy Andrews dan suami mengikuti program bayi tabung di sebuah klinik kesuburan New York. Alangkah terkejutnya pasangan itu setelah mendapati bayi mereka berkulit gelap.

 

Atas saran dokter, keduanya lantas menjalani tes DNA. Benar saja, ternyata sperma yang ditanam ke sel telur Nancy Andrews bukanlah milik suaminya. Pasangan suami istri itu pun menuntut pemiliki klinik kesuburan atas tindakan ceroboh atau malapraktik.

 

2. Salah Mencangkok Jantung dan Paru-Paru

Jésica Santillán, seorang imigran Meksiko, meninggal dunia dua minggu setelah menerima jantung dan paru-paru dari pasien yang memiliki golongan darah berbeda. ** Baca juga: Negara Ini Punya Resep Jitu Atasi Mabuk Miras

 

Dokter di Duke University Medical Center gagal untuk memeriksa kompatibilitas sebelum operasi dimulai. Setelah operasi kedua transplantasi untuk mencoba memperbaiki kesalahan, dia menderita kerusakan otak dan komplikasi yang menyebabkannya meninggal.

 

3. Operasi Testis Yang Salah

Seorang dokter Ahli Bedah keliru membuang testis sebelah kanan milik Benjamin Houghton. Padahal testis sebelah kanan itu justru yang sehat. Benjamin pun mengajukan ganti rugi sebesar US$200.000 karena kesalahan fatal tersebut.

 

4. Logam Tertinggal dalam Perut

Donald Church menjalani operasi pengangkatan tumor. Nahas, sebuah logam retractor sepanjang 13 inci tertinggal dalam perutnya

 

Beruntung dokter ahli bedah berhasil mengangkat retractor tersebut, sehingga Donald terhindar dari masalah kesehatan yang serius. Rumah sakit tempatnya melakukan operasi pun setuju untuk membayar ganti rugi sebesar US$ 97,000.

 

5. Salah Operasi Otak

Seorang dokter di sebuah rumah sakit, salah menangani pasien. Operasi yang seharusnya dilakukan untuk otak justru dilakukan pada jantung pasien. Beruntung dokter lain yang seharusnya mengoperasi pasien tersebut segera memberitahukan kesalahan yang terjadi pada sesama rekannya itu.

 

6. Salah Amputasi Kaki

Kasus ini terjadi di Tampa, Florida. Dokter salah mengamputasi kaki Willie King, pria berusia 52 tahun. Akibat kesalahan fatal tersebut, Willie King mendapat ganti rugi dari rumah sakit sebesar US$900.000, dan dari tim operasi sebesar US$ 250.000.

 

Tidak hanya itu, lisensi rumah sakit yang bersangkutan pun dicabut selama enam bulan, dan didenda sebesar US$10.000.

 

7. Salah Mengoperasi Ginjal.

Dokter yang salah mendiagnosa penyakit Louis Park, melakukan operasi dengan membuang ginjal louis yang paling sehat. Padahal pasien tersebut sebenarnya memiliki tumor, yang dapat berpotensi pada kanker.

 

8. Mendadak Terbangun Saat Operasi Berlangsung

Sherman Sizemore, pria asal Virginia Barat, mengalami trauma selama dua minggu, setelah terbangun tepat saat operasi yang dilakukan terhadap dirinya tengah berlangsung.

 

Sherman Sizemore pun akhirnya mengajukan tuntutan terhadap Rumah Sakit Umum Raleigh Beckley.

 

9. Kesalahan Operasi Bedah Jantung

Dua bulan setelah dua kali operasi jantung, Dana Carvey mendapat berita bahwa ahli bedah jantung yang menangani operasinya ternyata salah arteri. Dana Carvey pun menuntut rumah sakit sebesar US$7,5 juta akibat kesalahan tersebut.(ilj)