oleh

Makanan Yin dan Yang Ala Feng Shui

Kabar6-Dalam feng shui, tubuh manusia mengandung lima unsur yang terus menerus berinteraksi yaitu logam, kayu, air, api, dan tanah. Kelima unsur ini mempengaruhi sifat manusia.

 

Apabila kelima unsur tersebut mencapai keseimbangan Yin dan Yang, maka kehidupan manusia akan lebih baik dan potensi diri menjadi aktif, sehingga berpengaruh terhadap rezeki.

 

Sifat keseimbangan yang disimbolkan dengan Yin adalah pasif/diam dan Yang adalah aktif, dinamis, dan gerak. Dalam konsep feng shui, apabila terjadi keseimbangan maka akan terbentuk pula harmonisasi dengan alam, yang bermuara pada rezeki.

Makanan dapat digolongkan dalam makanan bersifat Yin dan Yang. Apa saja itu? Berikut ulasannya: ** Baca juga: Mie dan Ikan Menurut Feng Shui

 

1. Makanan yang bersifat Yin

Makanan Yin merupakan makanan beraroma, manis, hambar, dingin, dan lembut. Jika dijabarkan adalah sebagai berikut:

 

a. Sayur dan buah: tauge, makanan rebus, kubis, kol, bunga kol, bangsa sawi, wortel, seledri, bangsa mentimun, sayuran, selada air, kentang, talas, rumput laut, produk kedelai, lobak putih, labu, ubi jalar dan bangsa makanan umbi-umbian, asparagus, rebung dan makanan putih, bangsa sayuran daun-daunan, buah-buahan, bangsa melon, pir.

 

b. Daging: bebek, babi, dan bangsa daging berlemak tinggi, ikan daging putih, lele dan bangsa belut, dan bangsa daging putih.

 

c. Minuman: susu, air, madu, dan berbagai jus.

 

2. Makanan yang bersifat Yang

Makanan Yang mempunyai ciri berbau menyengat, pedas, asin, asam, dan panas. Detailnya adalah

 

a. Sayur dan buah: bangsa cabe, paprika hijau, terong, bawang putih, jahe dan bangsa bumbu pedas, daun bawang, bangsa bawang, jamur, paprika, tomat, minyak wijen, jeruk, kacang, kesemek, bangsa buah daging berwarna, durian.

 

b. Daging: daging sapi dan sebangsanya, daging kambing dan sebangsanya, makanan dimasak panggang, makanan yang digoreng, makanan panas, ikan ikan daging merah, ayam dan sup ayam, daging berlemak, telur,kerang.

 

d. Minuman:cuka, wine, ginseng, teh, kopi,anggur, minuman keras dan beralkohol.

 

Dengan memiliki pengetahuan dasar mengenai makanan yang bersifat Yin dan Yang, Anda pun akan menjalin keharmonisan dengan alam.(ilj)

Berita Terbaru