Makanan yang Tidak Disarankan Sebagai Menu Sarapan

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Apa menu favorit Anda saat sarapan? Sebagian orang memilih hanya mengonsumsi kopi atau teh dengan camilan ringan atau roti bakar. Sementara sisanya ada yang sarapan dengan menu berat seperti nasi goreng, mi rebus, atau makanan sejenisnya.

Meskipun sarapan sangat dianjurkan demi kesehatan, beberapa makanan berikut seperti dilansir Prevention, disarankan untuk tidak dijadikan menu pilihan saat sarapan. Ini dia enam menu yang dimaksud:

1. Makanan berminyak
Jenis makanan yang dimaksud contohnya adalah sandwich. Keju dan daging sapi yang mengandung sodium menyerap air sehingga dapat mengakibatkan perut menjadi kembung. Dampak negatif lainnya adalah makanan kaya lemak tersebut juga akan lebih lama dicerna.

2. Segelas besar smoothie
Meski terbuat dari bahan-bahan yang segar dan sehat, smoothie dalam jumlah yang besar akan memenuhi lambung Anda. Terlebih jika dikonsumsi dengan sedotan, karena Anda akan menelan lebih banyak udara.

3. Semangkuk besar buah
Buah tinggi gula seperti ceri, apel, dan pir mengandung fruktosa yang sulit dicerna. Akibatnya, bakteri dalam perut mengonsumsi gula tersebut dan menyebabkan gas yang membuat perut jadi kembung.

4. Kue manis
Segala penganan manis mengandung karbohidrat refinasi (refined carbs) yang disimpan dalam bentuk gula di tubuh. Sama seperti garam di dalam tubuh, gula juga akan menyerap air dalam tubuh.

5. Pancake atau waffle
Kecuali jika kedua jenis makanan terbuat dari tepung gandum asli dan dikonsumsi dengan topping rendah gula.

6. Protein bar
Hindari konsumsi protein bar dari kedelai di pagi hari, karena kacang kedelai mengandung oligosaccharides, gula yang sulit dicerna dan berpotensi menimbulkan gas dalam tubuh. ** Baca juga: Keluarkan Racun dalam Tubuh Melalui 5 Minuman Sehat

Jangan sampai karena salah memilih menu sarapan, perut Anda terasa tidak nyaman sepanjang hari.(ilj/bbs)