oleh

Makanan yang Tidak Disarankan Sebagai Menu Sarapan

Kabar6-Sarapan atau makan pagi adalah keadaan untuk mengonsumsi hidangan utama pada pagi hari. Waktu sarapan dimulai dari pukul 06.00 sampai dengan pukul 10.00. Dianjurkan menyantap makanan yang ringan bagi kerja pencernaan, sehingga untuk mengonsumsi makanan yang memiliki kadar serat tinggi dengan protein cukup namun dengan kadar lemak rendah.

Seringkali karena diburu waktu, kita memilih sarapan dengan menu praktis. Nah, tahukah Anda ternyata ada beberapa jenis menu sarapan yang tidak disarankan? Melansir Femalesia, ini dia menu makanan yang dimaksud:

1. Sereal yang mengandung gula
Kebanyakan sereal mengandung banyak gula. Kandungan gula pada sereal yang masuk ke tubuh akan membuat gula darah naik setelah sebelumnya turun dengan cepat. Hal ini akan mengganggu metabolisme tubuh dan bukan membuat Anda fit di pagi hari, justru membuat lemas.

2. Sosis atau ham
Dalam sosis dan ham terdapat kandungan nitrat yang dapat memicu kanker kolorektal (rektum dan usus besar). Oleh karena itu, kurangi kebiasaan memakan daging pada saat sarapan dan pilih menu lain.

3. Yoghurt
Dalam yoghurt terdapat bahan kimia, pemanis buatan, serta sedikitnya kandungan kalori yang tak membantu tubuh untuk menjadi fit. Tapi hal ini tidak berlaku apabila Anda memilih yoghurt yang rendah lemak.

4. Muffin
Menu satu ini memiliki kalori paling tinggi karena banyak bahan pembuatnya yang tak dibutuhkan saat sarapan, seperti minyak goreng, tepung terigu, mentega, gula dalam jumlah besar. Tapi kalau memilih muffin sebagai menu sarapan, kita hanya boleh mengonsumsi sebanyak 200 gram saja.

5. Roti lapis kemasan yang dipanaskan
Roti lapis kemasan yang siap saji memang mudah didapatkan dan tentu tak membutuhkan waktu lama dalam penyajiannya. Tapi, dalam roti lapis ini terdapat bahan pengawet beserta sodium yang kurang baik untuk dijadikan menu sarapan di pagi hari. ** Baca juga: Benarkah Mandi Usai Makan Berbahaya?

Bagaimana dengan menu sarapan Anda? (ilj/bbs)

Berita Terbaru