oleh

Makanan yang Sebaiknya Ada dalam Menu Harian Anda

Kabar6-Ada banyak makanan super sehat yang baik untuk dimakan. Sayangnya, kita seringkali tidak mengonsumsinya secara teratur. Di sisi lain, sejumlah makanan tertentu disarankan untuk dikonsumsi secara teratur, karena terdiri dari vitamin dan mineral yang sangat diperlukan oleh tubuh.

Makanan tersebut juga memiliki kandungan lemak, protein, dan karbohidrat, yang sama-sama penting untuk diet seimbang. Melansir Healthmeup, ini lima jenis makanan yang sebaiknya ada dalam menu harian Anda:

1. Telur atau ayam/daging
Satu dari makanan ini sangat penting untuk dimasukkan ke dalam diet kita sehari-hari. Telur utuh memberikan sejumlah protein yang baik dan juga lemak yang sehat jika kita ingin tetap kuat dan ingin mengonsumsi makanan sehat.

Terlebih bila Anda adalah seorang individu yang aktif, penting untuk makan telur sebagai sumber energi untuk membentuk masa otot yang terpecah saat melakukan olahraga.

2. Salad atau sayur-sayuran
Buatlah semangkuk besar salad atau satur-sayuran segar yang dimasak seminimal mungkin dan lihat apa yang Anda rasakan kemudian.

Jika ingin, Anda dapat menambahkan ayam sebagai campurannya. Ayam tidak hanya akan lebih mengenyangkan Anda, tetapi juga membuat salad Anda lebih enak.

3. Ikan atau minyak ikan
Dengan mengonsumsi Omega 3 secara rutin, akan membuat mood Anda lebih baik, mengurangi nyeri sendi setelah latihan berat. Minyak ikan sangat baik untuk Anda konsumsi agar terpenuhi kebutuhan lemak sehat.

4. Olive oil/coconut oil
Tambahkan minyak ini ke salad Anda (olive oil) atau masakan Anda (coconut oil). Kedua jenis minyak ini akan membuat makanan tersebut lebih nikmat dan lebih aman untuk dikonsumsi karena kedua minyak tersebut baik untuk program penurunan berat badan.

5. Buah-buahan
Tambahkan buah dalam pola makanan Anda karena buah kaya akan serat. Buah juga mengandung antioksidan tinggi yang efektif untuk melawan radikal bebas. Buah baik dikonsumsi sebagai snack di antara 2 makan besar Anda.

Buah pun mengandung sedikit karbohidrat dan gula. Usahakan satu buah per hari untuk dapatkan nutrisi yang seimbang. ** Baca juga: Pilih Makanan dan Minuman yang Bantu Bakar Lemak Saat Hujan

Pola makan sehat menjauhkan Anda dari penyakit berbahaya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru