Makanan Tertentu Bisa Mempengaruhi Mood Anda, Lho

kabar6.com
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Mengonsumsi makanan secara berlebihan tebtu saja bisa menyebabkan ketidakseimbangan dalam tubuh. Sejumlah kondisi yang bisa terjadi antara lain rasa cemas bahkan depresi.

Karena itulah dibutuhkan makanan yang bisa mempengaruhi mood Anda. Melansir timesofindia berikut adalah beberapa makanan yang dapat membantu mempengaruhi mood Anda:

1.Kopi
Mengonsumsi kopi secara berlebihan sangat tidak disarankan karena minuman yang satu ini menghasilkan produksi kortisol, hormon stres utama dan dapat menyebabkan kelelahan adrenal, perubahan suasana hati, dan bahkan depresi.

2. Mentega putih
Menurut para ahli kesehatan, penggunaan shortenings sayuran setiap hari sebaiknya dihindari karena jenis makanan tadi tinggi lemak dan asam lemak omega-6 yang dapat mengganggu suasana hati dan tingkat insulin dengan memblokir asam lemak omega-3 yang meningkatkan suasana hati di dalam tubuh.

3. Bagel
Makanan yang satu ini terbuat dari tepung, sehingga tidak memiliki nutrisi dan dapat meningkatkan gula darah. Itulah sebabnya, mengonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan hilangnya fokus dan kewaspadaan.

4. Minuman bersoda
Mengonsumsi minuman soda secara berlebihan menghasilkan peningkatan energi yang cepat dan mempengaruhi kontrol gula darah, tingkat energi, dan suasana hati.

5. Jus buah plus gula
Jus buah dan mixer koktail yang dikemas dengan kandungan tinggi gula memang akan memberi Anda energi instan. Namun, di sisi lain makanan seperti ini akan membuat Anda cepat merasa kesal dan lelah.

6. Makanan kalengan
Makanan kalengan sering mengandung aditif kimia yang disebut Bisphenol A (BPA), terkait dengan sejumlah gangguan suasana hati kronis, seperti depresi dan kecemasan.

7.Makanan yang dipanggang
Makanan yang dipanggang seperti kue dan muffin mengandung jumlah gula sangat tinggi dan minyak jenuh yang dapat menyebabkan fluktuasi suasana hati dan depresi konstan. ** Baca juga: Sensasi Makanan Pedas yang Baik untuk Kesehatan

Yuk, lebih cermat lagi memilih makanan atau minuman yang akan dikonsumsi.(ilj/bbs)