Makanan Rendah Kalori yang Dapat Dipilih Agar Tubuh Tetap Ramping

kabar6.com
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Memiliki berat badan stabil sebenarnya bukanlah sesuatu yang sulit. Hal yang perlu diingat, mengonsumsi terlalu banyak kalori dapat memicu kenaikan berat badan.

Karena itulah apabila Anda sedang berusaha menurunkan berat badan sekaligus ingin memiliki tubuh yang ramping, perlu memilih makanan tepat dan rendah kalori. Apa sajakah makanan yang memiliki kalori rendah? Dikutip dari beberapa sumber berikut jenis makanan yang dimaksud:

1. Apel
Dalam satu cup irisan apel mengandung 57 kalori dan hampir tiga gram serat makanan. Karena tubuh membakar energi untuk mencerna makanan, jumlah kalori bersihnya lebih rendah.

2. Asparagus
Merupakan sayuran berbunga yang tersedia dengan berbagai warna, mulai dari hijau, putih dan ungu. Semua jenis asparagus sehat, namun asparagus dengan warna ungu memiliki senyawa antosianin yang dapat membantu mencegah penyakit jantung.

3. Brokoli
Dikenal sebagai sayuran paling bernutrisi. Brokoli juga memiliki khasiat untuk melawan penyakit kanker. Dalam satu cup brokoli mengandung 31 kalori dan lebih dari 100 persen jumlah vitamin yang diperlukan oleh sebagian besar orang tiap hari.

4. Brussels sprouts
Sayuran dengan bentuk seperti kubis kecil ini sangat bergizi. Brussels sprouts dapat dimakan mentah atau dimasak. Menurut hasil penelitian, dikatakan bila makan brussels sprouts dapat mencegah kerusakan DNA karena tingginya kandungan vitamin C, di mana dalam satu cup hanya mengandung 38 kalori.

5. Kubis
Untuk bisa memiliki tubuh ramping, Anda juga disarankan untuk mengonsumsi kubis, baik yang berwarna hijau atau ungu. Kubis yang difermentasi, atau dikenal dengan sauerkraut diketahui memiliki kalori sangat rendah, yaitu 22 kalori per cup.

6. Wortel
Sebagian besar orang mengaitkan penglihatan yang baik dengan makan wortel, karena wortel memiliki kandungan beta karoten tinggi yang dalam tubuh diubah menjadi vitamin A. Dalam satu cup wortel mengandung 53 kalori dan lebih dari 400 persen nilai harian untuk vitamin A.

7. Mentimun
Mentimun memiliki rasa segar karena kandungan airnya yang tinggi sehingga sering ditemukan dalam salad atau lalapan. Tidak hanya itu, mentimun juga diketahui memiliki kalori sangat rendah, di mana dalam ½ cup mentimun hanya memiliki 8 kalori saja.

8. Bawang putih
Bawang putih memiliki banyak manfaat yang cukup mengesankan sehingga menjadi bumbu wajib dalam berbagai kuliner biarpun memiliki rasa dan aroma tajam. Hasil riset menunjukan bila bawang putih memiliki kemampuan untuk menurunkan tekanan darah dan melawan infeksi, bahkan kanker. Dalam 1 siung bawang putih diketahui hanya mengandung 5 kalori.

9. Grapefruit
Grapefruit adalah salah satu buah sitrus enak dan bernutrisi yang dapat dimakan sendiri, atau dicampurkan dengan yoghurt. Senyawa tertentu dalam grapefruit diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan metabolisme sehingga cocok untuk Anda yang ingin memiliki tubuh ramping.

10. Bengkoang
Dalam secangkir 120 gram bengkoang memiliki lebih dari 40 persen nilai harian vitamin C dan hanya 46 kalori.

11. Lemon & jeruk nipis
Sari buah sitrus ini dapat dinikmati dalam campuran jus, dressing salad, hingga untuk marinase. Buah sitrus ini tidak hanya menambah rasa, tetapi dari hasil penelitian menunjukan bila sari lemon memiliki senyawa yang dapat bertindak sebagai antioksidan untuk mencegah penyakit. Dalam satu ons cairan lemon atau jeruk nipis diketahui hanya memiliki delapan kalori.

12. Stroberi, jamur, & pepaya
Dengan porsi tepat, tujuan Anda untuk menurunkan berat badan pun bisa tercapai. ** Baca juga: Makanan yang Bantu Hindari Anda dari Rasa Cemas

Selamat mencoba.(ilj/bbs)