oleh

Makanan Pahit dan Manfaatnya

Kabar6-Beberapa sayuran yang sering diolah menjadi makanan, misalnya pare atau daun pepaya, kadang tidak begitu disukai orang, karena rasanya yang pahit.

 

Padahal jenis makanan itu justru memiliki banyak manfaat. Yuk simak uraian berikut.

 

1. Produksi enzim pencernaan dalam tubuh, bisa ditingkatkan dengan mengonsumsi makanan pahit. Nah, semakin baik pencernaan makanan, makin banyak pula nutrisi yang dapat diserap tubuh.

 

2. Sayuran pahit mengandung banyak nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh, juga mengandung vitamin C, K, dan A, serta mineral seperti magnesium, kalsium, dan kalium. Selain itu, sayuran pahit kaya akan serat, dan foliate, namun rendah sodium dan lemak.

 

3. Sebuah studi menunjukkan bahwa makanan pahit, termasuk salah satunya adalah cokelat pahit dapat membantu memerangi radikal bebas di dalam tubuh. Artinya, dapat mencegah penyakit kanker ataupun penyakit saraf. ** Baca juga: Makanan Agar Awet Muda

 

4. Sayuran pahit mengandung phytonutrien, yang dapat membantu liver atau hati melakukan tugasnya, seperti menyeimbangkan hormon, menjaga tingkat kolesterol, dan menghilangkan racun dari darah.

 

5. Konsumsi gula atau makanan manis yang berlebihan, dapat menyebabkan efek negatif bagi kesehatan tubuh. Nah, apabila Anda harus mengontrol gula darah, kecanduan makanan manis bisa dikurangi dengan cara mengonsumsi makanan pahit.

 

Jadi, jangan hindari hidangan yang diolah dari sayuran pahit, karena di sanalah terkandung segudang manfaat yang baik untuk kesehatan Anda. (ilj)

Berita Terbaru