oleh

Makanan & Minuman yang Baik Disantap Usai Berolahraga

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Usai berolahraga mungkin Anda sering bingung perihal makanan atau minuman apa saja yang sebaiknya dikonsumsi agar rutinitas olahraga yang Anda jalani tidak sia-sia, dan hasilnya menjadi maksimal.

Beberapa jenis makanan dan minuman berikut, dikutip dari Meet Doctor, mungkin dapat membantu Anda untuk menjawab pertanyaan di atas:

1. Pisang
Pisang adalah sahabat para atlet karena kaya kalori, nutrisi dan potasium. Satu pisang berukuran sedang mengandung sekira 120 kalori. Potasium adalah sejenis elektrolit yang dibutuhkan agar organ-organ tubuh dapat bekerja dengan benar.

Usai berolahraga Anda kehilangan dua hal yaitu kalori dan elektrolit. Nah, pisang dapat menggantikannya. Selain itu, pisang mengandung bahan-bahan yang ada di dalam minuman olahraga yaitu antioksidan, serat dan vitamin B.

2. Susu cokelat
Minuman olahraga diciptakan untuk menjaga kesegaran setelah setengah atau seharian beraktivitas, juga untuk membantu pemulihan tubuh yang lelah. Tetapi riset terbaru mengatakan, susu cokelat rendah lemak, bekerja dengan lebih baik dibandingkan minuman olahraga.

Menurut Mayo Clinic, susu cokelat memiliki tiga komponen penting untuk proses pemulihan, yaitu karbohidrat dalam bentuk laktosa, elektrolit potasium dan sodium, protein dari kasein dan whey.

3. Air kelapa
Air kelapa sarat akan elektrolit potasium dan rendah kalori. Sebenarnya, atlet membutuhkan lebih dari sekadar potasium. Mereka juga membutuhkan sodium yang rendah jumlahnya di dalam air kelapa. Tetapi bagi Anda yang tidak berlatih sekeras atlet, air kelapa yang natural dan rendah kalori adalah pilihan yang terbaik.

4. Kismis
Sebuah studi yang dimuat dalam situs online untuk pelari profesional wilayah Washington menyebutkan bahwa kismis jauh lebih baik ketimbang camilan kenyal alami yang sama-sama mengandung elektrolit dan kalori. Manisan buah lain yang disarankan antara lain manisan mangga dan pir.

5. Kafein
Latihan intensitas tinggi sampai sedang selama kurang dari satu jam tidak memerlukan pengganti berkonsentrasi tinggi. Minuman rendah kalori dengan kandungan 100 mg kafein, seperti kopi hitam dan teh kental, sudah cukup untuk membuat Anda segar kembali. ** Baca juga: Bahan dari Dapur yang Bisa Jadi Pertolongan Pertama Pengobatan di Rumah

Mana yang akan Anda pilih? (ilj/bbs)

Berita Terbaru