Makanan Lezat yang Bantu Hindari Stroke & Penyakit Jantung

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Nyaris sebagian besar orang beranggapan bahwa hanya makanan sehat seperti sayur dan buah saja yang mampu mencegah datangnya penyakit jantung atau stroke. Padahal, makanan lezat pun dapat membantu mencegah datangnya kedua penyakit tersebut.

Makanan yang dimaksud adalah keju. Dikutip dari doktersehat, berdasarkan European Journal of Nutrition, para peneliti yang berasal dari Soochow University, Tiongkok, melakukan sebuah penelitian untuk mengevaluasi 15 penelitian lain yang telah dilakukan di Amerika Serikat dan Eropa.

Beberapa penelitian tersebut dilakukan untuk mengecek kondisi kesehatan lebih dari 200 ribu orang setelah melakukan program diet tertentu. Hasilnya, mereka yang secara rutin mengkonsumsi keju dengan jumlah sekira seukuran kotak korek api setiap hari, mampu menurunkan risiko terkena penyakit jantung koroner hingga 14 persen dan stroke hingga 10 persen.

Disebutkan dalam penelitian, mereka yang mengonsumsi keju sekira 40 gram dalam sehari akan memiliki risiko yang rendah untuk terkena penyakit jantung dan stroke. Kandungan dalam keju diketahui ternyata bisa meningkatkan kadar kolesterol baik dan menekan kadar kolesterol jahat.

Meskipun keju memiliki kadar lemak jenuh, kandungan kalsium dalam keju membuat berbagai nutrisi sehat dari berbagai macam makanan bisa diserap dengan baik oleh tubuh. Tak hanya itu, kandungan asam pada keju juga mampu mencegah penyumbatan pada pembuluh darah arteri. ** Baca juga: Apa Saja Makanan yang Disarankan & Dihindari Saat Musim Penghujan?

Penelitian serupa juga dilakukan Ian Givens dari Reading University, Inggris, dengan hasil yang sama. Kandungan kalsium pada keju dan produk susu lainnya, dikatakan Givens, berperan besar dalam menurunkan jumlah lemak jahat di dalam tubuh. Hal ini pun akan berimbas pada menurunnya risiko terkena penyakit kardiovaskular dan diabetes tipe 2.(ilj/bbs)