Makanan Berserat Ampuh Kontrol Berat Badan Anda

kabar6.com
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Mengonsumsi makanan berserat sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Tidak hanya menyehatkan fungsi usus, makanan berserat juga dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Selain itu, diet kaya serat dapat membuat Anda mudah mengontrol berat badan. Sayangnya, banyak orang yang belum juga memenuhi kebutuhan serat dalam menu harian mereka.

Dr. Dennis Burkitt, penulis buku ‘Don’t Forget Fibre in Your Diet: To Help Avoid Many of Our Commonest Diseases’, seperti dilansir Popsugar, melakukan pengamatan pada penduduk asli Afrika yang tampaknya terbebas dari penyakit-penyakit yang menyerang masyarakat modern, termasuk penyakit jantung, kanker, diabetes, dan kegemukan.

Padahal setiap hari para penduduk asli tersebut menyantap hampir enam kilogram makanan. Hal yang berbeda, mayoritas makanan tersebut mengandung banyak serat yang didapatkan dari akar tumbuhan, buah, dan sayuran.

Diketahui, ada dua jenis serat yaitu:

1. Serat larut (soluble fiber)
Serat ini ada dalam air dan cairan gastrointestinal, setelah itu berubah menjadi zat seperti gel, sehigga membuat lambung terasa penuh. Alhasil Anda merasa kenyang dan tidak ingin makan lagi, sehingga bagus jika Anda sedang dalam proses pengendalian berat badan.

Serat larut mengurangi kolesterol, menstabilkan kadar gula darah, dan mengurangi penyerapan lemak, itu dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Serat larut dapat ditemukan ditemukan dalam berbagai makanan seperti kacang, kacang polong, kentang, ubi jalar, bawang, apel, kacang merah, pisang, dan sayuran.

2. Serat tidak larut (insoluble fiber)
Serat tidak larut ini disebut dapat melancarkan pencernaan dan memungkinkan Anda untuk buang air besar (BAB) tanpa mengejan. Karena tidak dapat dicerna, serat tidak ‘diam’ di saluran pencernaan. Ia akan menempel pada produk sampingan lain dan meluncur melalui usus dan siap menjadi tinja.

Makan serat macam ini membantu mencegah penyumbatan dan juga konstipasi. Serat tidak larut ditemukan dalam biji-bijian, sayuran berdaun hijau, jagung, bekatul, seledri, kubis, bawang, tomat, wortel, mentimun, kismis, anggur, dan kelapa.

Berapa banyak serat yang harus dikonsumsi per hari? Menurut US Department of Agriculture Dietary Guidelines, wanita dewasa membutuhkan sekira 28 gram sehari. Sementara menurut American Heart Association, wanita di bawah usia 50 tahun membutuhkan kira-kira 25 gram serat sehari. ** Baca juga: Comfort Eating Jadi Kebiasaan Buruk yang Ganggu Kesehatan

Sudahkah kebutuhan serat Anda tercukupi? (ilj/bbs)