oleh

Makanan Berlemak Ini Justru Bikin Sehat & Langsing

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Makanan berlemak sudah pasti menjadi ‘musuh’ bagi mereka yang sedang menjalankan diet atau program penurunan berat badan. Tentu saja karena lemak selalu berkonotasi negatif.

Mengkonsumsi makanan mengandung jenis lemak yang salah, dikutip dari Dreamers, memang akan membuat gemuk. Sebaliknya, jika mengkonsumsi lemak sehat justru akan membuat tubuh sehat sekaligus langsing.

Lemak sehat dapat meredam nafsu makan, mengurangi jumlah kalori dalam makanan, meningkatan kesehatan jantung, dan memicu metabolisme. Jenis makanan berlemak apa saja yang akan membuat Anda sehat sekaligus langsing? Dikutip laman ABC News, berikut uraiannya:

1. Minyak zaitun
Minyak zaitun kaya akan polifenol yang bisa melawan kanker dan kandungan lemak tak jenuh tunggalnya bisa memperkuat kesehatan jantung. Sebuah studi menemukan bahwa diet minyak zaitun mengakibatkan tingkat adiponektin lebih tinggi jika dibandingkan diet karbohidrat atau diet protein. Adiponektin merupakan hormon yang bertanggung jawab untuk menghancurkan lemak dalam tubuh.

2. Kelapa
Meskipun kelapa tinggi kandungan lemak jenuhnya, lebih dari setengahnya berasal dari asam laurat, yaitu suatu lipid yang unik yang melawan bakteri dan meningkatkan nilai kolesterol. Dalam sebuah penelitian, orang yang mengkonsumsi minyak kelapa dua sendok sehari mengalami penurunan berat badan dan lingkar pinggangnya menyusut.

3. Cokelat hitam
Cokelat hitam ternyata bisa meratakan perut. Sebuah studi menunjukkan bahwa cokelat hitam memiliki kalori 17 persen lebih rendah ketimbang chocolate milk. ** Baca juga: Stop Migrain & Hentikan Konsumsi Makanan Ini

4. Almond butter
Mengkonsumsi almond butter atau selai kacang di pagi hari bisa membuat kenyang hingga siang. Selain itu, jika Anda mengkonsumsinya di pagi hari, selai ini tidak diserap tubuh sebagai lemak tapi sebagai sumber energi.

Jadi, tidak semua lemak itu jahat lho.(ilj/bbs)

Berita Terbaru