oleh

Makan Malam Kurang Kenyang, Pilih Camilan yang Tepat Agar Berat Badan Stabil

Kabar6-Banyak orang yang percaya, membatasi atau menghindari makan malam bisa membantu menurunkan berat badan. Padahal, berat badan tidak sepenuhnya ditentukan oleh jam berapa Anda makan, melainkan oleh apa dan berapa banyak makanan yang dikonsumsi, serta seberapa tinggi tingkat aktivitas fisik Anda.

Beberapa penelitian bahkan menunjukkan, makan malam dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mengontrol gula darah pada keesokan paginya. Namun, menu makan malam yang Anda konsumsi tentunya harus sehat dan sesuai dengan kebutuhan kalori per hari.

Namun tidak ada jumlah asupan kalori yang tepat untuk makan malam. Semuanya tergantung pada berapa kalori yang telah Anda makan seharian. Jika pada pagi dan siang hari sudah banyak makan, Anda mungkin perlu mengurangi porsi makan malam untuk mempertahankan berat badan tetap stabil.

Nah, apabila menu makan malam sehat tadi belum juga membuat kenyang, Anda bisa membuat menu camilan malam sehat yang sesuai dengan selera dan kebutuhan kalori. Melansir Alodokter, berikut beberapa pilihan makanan yang bisa dijadikan camilan usai makan malam:

1. Telur
Merupakan sumber protein yang baik untuk membantu Anda mengurangi rasa lapar. Telur juga bisa diolah menjadi berbagai macam camilan sehat dan relatif mudah untuk dimasak. Anda bisa memasak telur dengan direbus begitu saja, diorak-arik atau diceplok dengan minyak zaitun atau didadar.

2. Yoghurt
Yoghurt merupakan sumber protein yang baik sekaligus kaya akan kalsium. Mengonsumsi yoghurt di malam hari dipercaya dapat meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi rasa lapar keesokan paginya. Pilihlah yoghurt yang tidak mengandung gula tambahan. Untuk menambah cita rasa, Anda bisa menyiasatinya dengan menambahkan kacang, buah-buahan, dan madu.

3. Sayuran segar
Pilihan sayuran yang bisa dicoba adalah wortel, brokoli, mentimun, seledri, atau tomat. Anda bisa memotong sayuran ini dan menyantapnya dengan minyak zaitun, perasan lemon, garam, dan lada. Namun jangan lupa mencucinya terlebih dahulu.

Menu makan malam sehat dan camilan di atas bisa membantu Anda merasa lebih kenyang, sehingga tidak membutuhkan lagi camilan tinggi kalori dan rendah nutrisi seperti keripik, kue, atau permen, di tengah malam.

Makanan seperti inilah yang berpotensi menaikkan berat badan. ** Baca juga: Jika Tidak Dimasak dengan Benar, Bahan Makanan Ini Berisiko Bagi Kesehatan

Sebaiknya, konsumsih menu makan malam yang sehat dengan jumlah kalori yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Namun, pilihlah waktu makan malam yang tepat, karena makan malam yang terlalu berdekatan dengan waktu tidur juga berisiko menyebabkan gangguan pencernaan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru