oleh

Luhut Panjaitan: Pendidikan Jadi Kunci Pembangunan Banten

Kabar6-Laju perekonomian di Provinsi Banten kiranya tidak bisa dipisahkan dari kondisi pendidikan diwilayah setempat.

Dan, agar pembangunan perekonomian di tanah jawara dapat berlari kencang, maka kualitas pendidikan pun harus ditingkatkan.

“Di Banten ini akan banyak pembangunannya. Persoalannya, kalau pendidikannya tidak baik, maka tidak bisa berjalan (pembangunannya),” kata Kepala Staff Kepresidenan, Luhut Binsar Panjaitan, di Warung Gunung, Kabupaten Lebak, Banten, Senin (3/8/2015).

Terlebih, pada bulan Desember 2015 mendatang, Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) akan berlangsung. Sehingga arus globalisasi akan semakin deras masuk ke Indonesia.

Oleh karenanya, perbaikan kualitas pendidikan diperlukan agar para remaja usia produktif tak kalah saing dengan tenaga kerja asing.

“Desember nanti ada namanya masyarakat Asean. Orang luar bisa kerja di tempat kita (Indonesia). Kalau orang-orang kita tidak bisa sebagus orang-orang luar, maka kita bisa dijajah. Jangan sampai itu terjadi,” terangnya.

Selain itu, pendiri Satuan Penaggulangan Terorisme (Sat-Gultor/81) Kopassus ini juga sangat berharap para orang tua bisa lebih aktif lagi mendidik anak-anaknya agar mampu bersaing di masa depan. **Baca juga: Luhut Bilang KEK Tanjung Lesung Bakal Sedot Wisatawan.

“Jangan sampai putra-putri anak bapak semua jadi pelengkap penderita, tapi harus jadi tuan dikampungnya sendiri. Kita tidak boleh ekspor barang-barang mentah, tapi harus barang-barang jadi. Itu yang memiliki nilai tambah,” tegasnya.(tmn/din)

Berita Terbaru