oleh

LPA Banten Berharap KIA Tak Sekedar Jadi Kartu Identitas Anak

Kabar6-Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Provinsi Banten berharap, Kartu Identitas Anak (KIA) hanya sekedar menjadi kartu yang menunjukkan informasi mengenai identitas anak.

“Saya kira perlu juga KIA ini punya peran fungsi lain, seperti pemenuhan terhadap hak-hak anak,” kata Ketua LPA Banten, Uut Lutfi kepada Kabar6.com, Senin (10/12/2018).

Lutfi mendorong KIA dapat memudahkan berbagai pelayanan terhadap anak, di antaranya pendidikan, kesehatan maupun wahana permainan, terutarama bagi anak-anak dari kalangan tidak mampu.

“Termasuk salah satunya hak anak adalah rekreasi. Ini bisa kerja sama dengan wahana dan tempat-tempat rekreasi. Pengelola bisa bekerja sama dengan pemerintah daerah bisa memberikan setengah harga,” ujarnya.

Sementara itu, dari catatan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Lebak, dari 300 ribu anak yang sudah wajib memiliki KIA, baru 12 ribu keping yang dicetak.**Baca juga: Bupati Zaki Ucapkan Terima Kasih Kepada Masyarakat yang Telah Membayar Pajak.

Disdukcapil mengaku, sudah memberikan imbauan kepada masyarakat agar bisa segera mengurus KIA yang sudah mulai diwajibkan sejak tahun 2016.(Nda)

Berita Terbaru