oleh

Lompat Bayi, Ritual Ekstrem di Spanyol

Kabar6-Beberapa negara di belahan dunia ini memiliki ritual unik yang merupakan bagian dari upacara keagamaan. Seperti di Spanyol utara, ada ritual yang dirancang untuk menyelamatkan jiwa para bayi.

 

Ritual itu terdiri dari tot, skip and jump, yaitu lompatan setan di atas bayi yang baru lahir selama Festival El Colacho di Desa Castrillo de Murcia, Spanyol utara.

 

Ritual yang disebut El Salto del Colacho ini merupakan kegiatan adat menandai hari raya Katolik Corpus Christi, melibatkan para pria berpakaian sebagai “Colacho”. ** Baca juga: Undang Hujan Dengan Ritual Ini

 

Mereka akan melompati bayi yang lahir di desa selama tahun sebelumnya untuk membersihkan dari dosa asal. Ritual itu dirayakan dengan prosesi penari berpakaian warna-warni sebagai setan dan malaikat.

 

Ada bagian yang dinamakan leap of faith atau lompatan iman, yang dimaksudkan untuk membersihkan bayi dari dosa asal mereka. Semua warga berkumpul untuk menyaksikan ritual pembersihan tersebut. Pria yang berpakaian kuning disebut The Devils atau iblis, mengejar anak-anak yang ada di sekitar tempat pelaksanaan Festival El Colacho tersebut.

 

Setelah The Devil melompati bayi-bsyi tersebut, kemudian para gadis menaburi bayi dengan bunga. Unik ya. (ilj)

Berita Terbaru