oleh

Litbang Teknologi dan Inovasi Mutlak Diperlukan

Kabar6-Menteri Negara Riset dan Teknologi (Ristek) Suharna Surapranata, menyatakan untuk bisa menyelesaikan berbagai persoalan bangsa di masa depan penelitian dan pengembangan teknologi serta inovasi mutlak diperlukan.

“Yang penting kegiatan riset dan pengembangan teknologi harus difokuskan pada upaya pemenuhan kebutuhan para pengguna,” katanya di sela-sela acara peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-16 di Auditorium Graha Widya, Komplek Pusat Pengembangan Ilmu dan Teknologi (Puspitek), Serpong, Tangerang, Banten yang sempat dihadiri Presiden SBY dan Ibu Any Yudhoyono.

Menurut Menristek, kontribusi nyata teknologi terhadap pertumbuhan ekonomi diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan rakyat sebagaimana diamanatkan konstitusi.

Hakteknas ke-16 kali ini mengambil tema “Inovasi Untuk Kesejahteraan Rakyat”. Melalui tema ini mitos-mitos yang salah kaprah seperti inovasi harus mahal, besar, dan sulit akan diubah menjadi inovasi itu menguntungkan. Selain itu inovasi sangat penting untuk disebarluaskan dan digunakan oleh masyarakat, dunia usaha, pemerintah, dan para pengguna lainnya.

Di tahun mendatang, Indonesia harus bisa mempercepat dan memperluas terbangunnya industri bernilai tambah. Untuk itu semua diperlukan upaya besar untuk mempercepat inovasi yang memiliki kontribusi terhadap perekonomian bangsa.

Kegiatan peringatan hakteknas ke-16 di Serpong antara lain diisi dengan pameran hasil inovasi teknologi putra-putri bangsa Indonesia, seminar serta pemberian penghargaan kepada para innovator muda.
Hari kebangkitan teknologi nasional diperingati setiap 10 Agustus. Tonggak peringatan diawali dengan penerbangan pertama pesawat produksi PT Dirgantara Indonesia N-250 Gatotkaca pada 10 Agustus 1995 bertepatan dengan bulan peringatan 50 tahun kemerdekaan RI saat itu. (pk/zul)

Berita Terbaru