oleh

Lindungi Keselamatan Pengendara Motor dengan Airbag Mirip Kepompong

Kabar6-Seatbelt saja tidak cukup untuk menjaga keselamatan saat terjadi benturan keras. Karena itulah banyak mobil yang sudah memiliki fitur keselamatan berupa airbag. Fitur ini sangat membantu mencegah penumpang ketika terjadi kecelakaan.

Ternyata, airbag tidak hanya monopoli pemilik kendaraan beroda empat alias mobil saja, lho. Sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang keselamatan berkendara, melansir RideApart, memunculkan ide mereka tentang airbag untuk pengendara motor. Konsep yang diberi nama Airbagforbike ini terinspirasi dari kursi pelontar di pesawat tempur. Nantinya, airbag akan tersimpan di dalam jok sepeda motor, sehingga tidak mengganggu kenyamanan pengendara.

Uniknya, konsep ini menyiapkan perlindungan menyeluruh dari kepala sampai kaki, yang sepintas wujudnya menyerupai kepompong. Sistem bekerja dengan menggunakan sensor giroskop sebagai penghitung daya benturan. Jika diperlukan, sistem akan membungkus pengendara dengan kantung udara. ** Baca juga: Semenjak Donald Trump Jadi Presiden, Jumlah Wanita di AS yang Gunakan Alat KB Melonjak

Sayangnya ejauh ini, belum ada keterangan pasti mengenai jadwal peluncuran perangkat tersebut.(ilj/bbs)

Berita Terbaru