oleh

Lima Tanda Hormon Anda Sedang Tidak Seimbang

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Hormon adalah zat kimia yang diproduksi oleh kelenjar endokrin yang mempunyai efek tertentu pada aktifitas organ-organ lain dalam tubuh. Hormon seks merupakan zat yang dikeluarkan oleh kelenjar seks dan kelenjar adrenalin langsung ke dalam aliran darah.

Nah, bagaimana kita mengetahui jika hormon dalam tubuh sedang tidak seimbang? Dikutip dari doktersehat, berikut uraiannya:

1. Susah tidur
Banyak orang yang berpikir jika masalah insomnia atau susah tidur kerap berkaitan dengan faktor psikologis atau bahkan kelelahan yang luar biasa.

Anggapan ini memang benar. Namun, insomnia juga bisa terjadi karena ketidakseimbangan hormon. Sebagai contoh, pria mengalami penurunan kadar testosterone dan wanita mengalami kadar progesterone sehingga akan sulit tidur nyenyak. Untuk mengembalikan keseimbangannya, kita bisa mengkonsumsi minuman herbal.

2. Mudah lelah
Kurang tidur seringkali disalahkan saat kita mudah lelah. Padahal, ketidakseimbangan hormon khususnya dengan tingginya kadar insulin, maka kita akan cenderung lebih mudah lelah dibandingkan dengan biasanya. Untuk mengatasinya, mulailah menjaga berat badan tetap ideal dan rutin berolahraga.

3. Gairah seksual menurun
Penurunan gairah pada pria kerap disebabkan oleh menurunnya hormon testosterone. Sementara itu, wanita yang sudah mengalami fase menopause juga akan mengalami penurunan hormone estrogen yang berarti minat untuk berhubungan intim juga ikut menurun.

4. Merasa panas & berkeringat pada malam hari
Bagi kaum hawa, jika di malam hari mereka mengalami hawa yang sangat panas dan terus berkeringat, bisa jadi ini adalah tanda dari penurunan kadar hormon estrogen yang berarti mereka akan segera mengalami fase menopause.

5. Susah berkonsentrasi
Kadangkala kita melupakan hal-hal yang sepele, seperti lupa meletakkan barang-barang. Hal ini adalah tanda bahwa kita kesulitan untuk berkonsentrasi dan adanya ketidakseimbangan pada hormon, khususnya adanya hormon kortisol. ** Baca juga: Tentukan Pola Makan & Olahraga Sesuai Bentuk Tubuh

Semoga bermanfaat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru