oleh

Lima Fakta Alpukat yang Belum Anda Ketahui

Kabar6-Buah alpukat memiliki multi manfaat. Situs Huffington Post mengungkapkan lima fakta tentang alpukat yang belum diketahui banyak orang.

Fakta pertama, alpukat memiliki kalium lebih banyak dibanding pisang. Sebuah alpukat memiliki 975 miligram kalium, sementara pisang hanya setengahnya atau sekitar 487 miligram per buah.

Fakta kedua, jika alpukat mentah disimpan dalam kantong cokelat bersama apel atau pisang, alpukat cepat matang.

Pasanya, pisang dan apel melepaskan gas etilen, hormon tanaman yang terjadi secara alamiah. Gas yang terjebak dalam tas akan membantu alpukat lebih cepat matang.

Fakta ketiga, alpukat sarat protein. Satu alpukat ukuran sedang mengandung enam gram protein, tertinggi di antara buah-buahan. Selain protein, alpukat mengandung 18 jenis protein yang dibutuhkan tubuh, yang tak semuanya terkandung dalam protein hewani.

Fakta keempat, alpukat dapat menggantikan fungsi mentega. Tekstur alpukat yang lembut dan lemaknya yang menyehatkan membuat alpukat menjadi substitusi mentega, terutama untuk jenis makanan panggang.

Alpukat dapat mengganti mentega untuk membuat chocolate chip, roti pisang, dan brownies.

Fakta kelima, alpukat membuat kulit dan rambut menjadi indah, sebab alpukat mengandung zat yang membuat kulit dan rambut sehat.

Antioksidan, asam amino, dan minyak esensial dalam alpukat dapat membantu memperbaiki rambut rusak, melembabkan kulit kering, mengobati kulit yang terbakar, dan meminimalkan keriput.(jus)

Berita Terbaru