oleh

Libur Lebaran, 50 Juta Wisatawan Kunjungi Banten

Kabar6-Sepanjang libur Lebaran Idul Fitri 1436 H, Provinsi Banten dikunjungi oleh 50 juta wisatawan. Angka tersebut diperkirakan akan terus bertambah mengingat masih tersisa hari libur pada Sabtu dan Minggu, 25-26 Juli 2015 mendatang.

“Peningkatan kunjungan wisata ini berdampak pada peningkatkan perekonomian masyarakat di Banten,” Ketua Perhimpunan Hotel dan Resort Indonesia (PHRI) Banten, Ahmad Sari Alam, Kamis (23/07/2015).

Sedianya, ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya peningkatan wisatawan di Banten, yaitu banyaknya wisatawan yang mulai beralih ke Pantai Anyar, Carita dan tempat wisata di Banten lainnya.

Menurutnya, kunjungan wisatawan ke Banten meningkat dua kali lipat dibanding tahun sebelumnya yang sebanyak 25 juta orang saja.

Meski mengalami kenaikan mencapai dua kali lipat, namun Ahmad Sari Alam mengaku belum menghitung berapa besar perputaran uang yang terjadi selama musim Libur Lebaran 2015 ini. Hal tersebut bisa diketahui setelah masa libur usai.

Selain itu, lanjut Ahmad, faktor lainnya seperti kondisi jalan ke sejumlah areal wisata di Banten lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. Sedangkan, faktor lainnya adalah libur Lebaran bersamaan dengan libur sekolah. **Baca juga: Insiden Tolikara, FPI Banten Imbau Anggotanya Jaga NKRI.

“Alasan menghindari kemacetan di tempat wisata lain, juga turut memengaruhi peningkatan kunjungan ke Banten. Tentu yang paling utama, Banten memiliki tempat wisata menarik yang tidak kalah dengan daerah lain,” tegasnya.(tmn/din)

Berita Terbaru