oleh

Lemak Jadi ‘Baik’ untuk Tubuh Jika Dikonsumsi Dalam Jumlah yang Tepat

Kabar6-Nyaris sebagian besar orang takut mengonsumsi lemak yang dipercaya sebagai penyebab utama berat badan naik. Padahal, tubuh tetap membutuhkan asupan lemak yang berfungsi menjaga temperatur tubuh dan meningkatkan fungsi otak. Namun lemak yang dibutuhkan tentu saja lemak sehat atau yang biasa disebut sebagai lemak tidak jenuh.

Rata-rata individu membutuhkan 20-35 persen lemak dari jumlah total asupan kalori harian. Dikutip dari beberapa sumber, lemak baik memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Ketika dikonsumsi dalam jumlah yang sesuai, lemak ini benar-benar membantu Anda merasa kenyang dan tidak mengancam kesehatan tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa lemak tertentu dari sayuran, kacang-kacangan, dan ikan sebenarnya meningkatkan kesehatan. Untuk menambah potensi lezat dalam sebuah hidangan namun tetap dengan lemak sehat adalah dengan menggunakan minyak zaitun.

Diketahui, minyak zaitun memiliki kandungan antioksidan dan lemak tak jenuh tuggal sebanyak 70 persen. Kandungan lemak tak jenuh tunggal yang paling tinggi dibandingkan dengan alpukat sehingga masuk dalam kategori makanan sehat.

Manfaat antioksidan dalam minyak zaitun sebagai anti inflamasi yang menekan infeksi pada tubuh serta meningkatkan daya tahan tubuh. Bagi penderita jantung dan stroke, minyak zaitun cukup baik digunakan untuk menurunkan kolesterol dan mendefosit lemak di pembuluh darah agar tidak pecah. Penggunaan minyak zaitun secara rutin dapat memberikan proteksi lebih pada tubuh terhadap radikal bebas yang mengancam kesehatan. ** Baca juga: Liburan Berikan Efek Positif Bagi Kesehatan Tubuh

Tubuh yang kekurangan lemak, tidak memiliki kemampuan untuk mengatur suhu tubuh ketika berada di cuaca dingin. Selain itu, akan membuat tubuh menjadi over heating ketika terpapar panas matahari. Kekurangan lemak juga berpengaruh pada fungsi saraf. Di mana yang terjadi adalah kemampuan untuk kognitif akan tergganggu. Beberapa vitamin seperti vitamin A, D, E, dan K membutuhkan lemak agar bisa terserap secara sempurna oleh tubuh.(ilj/bbs)

Berita Terbaru