oleh

Leedsichthys, Ikan Purba Raksasa Berbobot Sama dengan 3 Gajah Afrika

Leedsichthys.(Prehistoric Wildlife)
Leedsichthys.(Prehistoric Wildlife)

Kabar6-Menurut Anda, makhluk laut apa yang memiliki tubuh paling besar di antara penghuni air lainnya? Jika jawaban Anda adalah ikan paus, mungkin jenis ikan itu tidak ada ‘apa-apanya’ dibanding hewan yang satu ini.

Makhluk laut tersebut bernama Leedsichthys, ikan purba yang pernah hidup di samudra pada periode Middle Jurassic. Dikutip dari Boombastis, fosil Leedsichthys ditemukan di Inggris, Prancis, Jerman dan Chili.

Disebutkan, fosil Leedsichthys pertama kali ditemukan pada 1886, oleh peneliti bernama Alfred Nicholson Leeds dari Universitas Bristol, Inggris, dan hanya berbentuk fragmen-fragmen kecil.

Setelah diidentifikasi, fakta menunjukkan bahwa fosil ikan tersebut setidaknya memiliki panjang hingga 15 meter, jauh lebih besar dari paus. Satu hal yang mengejutkan, bobot ikan purba ini diperkirakan setara dengan tiga gajah Afrika.

Leedsichthys, menurut penelitian, merupakan ikan pemakan plankton. Diduga, makhluk ini punah bersamaan dengan hilangnya para dinosaurus di muka Bumi.

Selanjutnya pada 1887, John Whitaker Hulke melakukan penelitian dan menyimpulkan bahwa fosil-fosil tersebut merupakan dinosaurus dari keluarga Stegosaurian. Setahun kemudian yaitu pada 1888, fosil ikan tersebut kembali diperiksa oleh Othniel Charles Marsh, peneliti fosil ternama. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa Leedsichthys adalah jenis ikan raksasa purba, bukan dari jenis Stegosaurian.

Para peneliti percaya, jika ikan raksasa ini juga mampu tumbuh hingga sembilan meter pada usia 20 tahun. Pada usia 38 tahun, diperkirakan panjangnya mencapai 16,5 meter. Ukuran tersebut jauh lebih besar dari makhluk laut terbesar yang ada saat ini, bahkan ukuran siripnya setinggi manusia.

Umur ikan tersebut diketahui para ahli dari sample insangnya. Diperkirakan, ikan purba itu hanya bisa bertahan hidup hingga usia 40 tahun, dengan bobot maksimal mencapai 21,5 ton.

Leedsichthys memiliki mulut yang lebar dengan 40 ribu gigi yang berfungsi untuk menyedot sekaligus menyaring makanan seperti plankton, ubur-ubur dan juga udang. Biasanya mereka melakukan perjalanan jauh sesuai musim, atau dalam rangka mencari tempat yang aman. ** Baca juga: Strong! Abad si Pemilik Mr P Bionik

Kebayang gak sih bagaimana jadinya jika Leedsichthys masih hidup hingga sekarang? (ilj/bbs)

Berita Terbaru