oleh

Lebaran, Layanan RSU dan Puskesmas Tangsel Normal

Kabar6-Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menjanjikan operasional unit-unit layanan kesehatan tetap berjalan seperti biasanya. Sehingga masyarakat setempat yang sakit ketika sedang merayakan Idul Fitri 1436 Hijriah tak perlu risau.

“RSU (Rumah Sakit Umum) dan Puskesmas tetap buka 24 jam,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel, Suharno kepada wartawan, Rabu (15/7/2015).

Menurutnya, sudah biasa setiap lebaran ada pembagian tugas bagi pegawai layanan kesehatan di Kota Tangsel. Sehingga selama musim cuti bersama tidak mengganggu pelayanan kesehatan. Tenaga dokter dan petugas perawat tetap disiagakan.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangsel memastikan pelayanan kepada masyarakat tidak terganggu cuti bersama. Selama libur lebaran, seluruh layanan kesehatan milik pemerintah yaitu Rumah Sakit Umum (RSU) dan Puskesmas buka 24 jam.

“Untuk persiapan hari raya, sesuai Surat Edaran Menkes (Menteri Kesehatan), pelayanan di Puskesmas dan rumah sakit tetap buka selama 24 jam,” jelas Suharno.

Suharno melanjutkan, pelayanan di Puskesmas dan RSU dibuka untuk melayani rawat inap dan perawatan gawat darurat. Sehingga, jika ada masyarakat yang terkena penyakit atau terjadi insiden kecelakaan bisa ditangani dengan cepat.
“Mulai H-7 sampai H+7 diaktifkan layanan 24 jam,” imbuhnya.

Selain itu, lanjutnya, pihaknya juga turut terlibat dalam posko pengamanan lebaran (Pospam) yang sudah dibuat bersama antara kepolisian dan Dishubkominfo Tangsel.

Di setiap posko, ada petugas dari Dinkes yang siap membantu apabila ada pemudik yang membutuhkan pelayanan kesehatan. **Baca juga: PMJ dan Pemkot Tangsel Lobi Pengembang BSD.

“Sistemnya satu atap di Pokotis, apabila ada masyarakat yang sakit atau kecelakaan bisa langsung datang ke Poskotis untuk dibawa ke Puskesmas atau RSU, atau langsung datang ke Puskesmas,” jelas Suharno.(yud)

Berita Terbaru