oleh

Lebak Kini Sasaran Kawasan Investasi di Banten

Kabar6-Bupati Lebak Mulyadi Jayabaya mengemukakan, setelah sejumlah investor mengembangkan modalnya di daerah Lebak, kini Kabupaten Lebak menjadi kawasan investasi di Provinsi Banten.

“Kehadiran PT Cemindo Gemilang yang memproduksi semen Merah Putih merupakan bukti bahwa Lebak merupakan daerah investasi. Untuk ke depannya, kami yakin Lebak menjadi daerah investasi yang kondusif di Banten,” kata Mulyadi Jayabaya di Rangkasbitung, Minggu (15/9/2013).

Disebutkan, Cemindo membangun pabrik semen seluas 500 hektar di Kecamatan Bayah dengan kapasitas 10.000 ton clinker per hari akan beroperasi tahun 2015. Pabrik ini diperkirakan mampu memproduksi semen 4 juta ton per tahun untuk memenuhi kebutuhan pasar nasional.

“Kami tidak menyangka pabrik semen dengan nilai investasi Rp 6 triliun itu beroperasi di Lebak. Untuk itu kami akan terus mendorong para pelaku investasi mau mengembangkan usahanya di Kabupaten Lebak,” ujar Mulyadi.

Ia mengungkapkan, saat ini jumlah investasi di Kabupaten Lebak dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan.

Sebagian besar pelaku investor bergerak di bidang pertambangan, seperti pasir kuarsa, batu galena, batu bara, dan pabrik semen.

Ada juga yang bergerak di bidang peternakan, perkebunan, properti, perikanan, dan pariwisata.

“Dengan tumbuhnya investasi ini dipastikan pertumbuhan ekonomi masyarakat meningkat juga penyerapan lapangan pekerjaan,” katanya.

Apalagi saat ini Kabupaten Lebak masuk dalam kawasan perhatian investasi (KPI) pada program Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI).

Karena itu, pemerintah daerah akan memberikan kemudahan proses perizinan bagi investasi asing, dalam negeri dan non-fasilitas, termasuk jaminan keamanan.(ant/yps)

Berita Terbaru