oleh

Lebak Hanya punya 5 Armada Damkar, 19 Kasus Kebakaran Tak Tertangani Sepanjang 2021

Kabar6-Bidang Pemadam Kebakaran Dinas Satpol PP Kabupaten Lebak tidak jadi menambah armada pemadam kebakaran. Rencana pembelian armada baru batal karena ketersediaan anggaran.

Saat ini, Kabupaten Lebak hanya memiliki 5 armada pemadam untuk menanggulangi kebakaran dengan luasnya wilayah Lebak hingga 28 kecamatan.

Empat armada disiagakan di Kota Rangkasbitung, sedangkan 1 armada lainnya untuk kebutuhan penanggulangan di wilayah Malingping dan sekitarnya.

Dari data yang diperoleh, ada 60 peristiwa kebakaran yang tercatat terjadi sepanjang tahun 2021. Sebanyak 41 peristiwa kebakaran dapat ditanggulangi, namun ada 19 peristiwa yang tidak tertanggulangi damkar.

Kabid Damkar Lebak Iwan Darmawan mengatakan, ada beberapa faktor yang menyebabkan banyak kebakaran tidak bisa tertangani petugas.

“Ada beberapa faktornya. Mulai karena titik kebakaran yang tidak bisa kami jangkau karena akses dan medan yang sulit, kemudian faktor lain karena tidak ada laporan,” kata Iwan kepada Kabar6.com, Jumat (21/1/2022).

**Baca juga: Mensos Risma Kasih Bantuan Rp1 Miliar untuk Korban Kebakaran di Badui

Memang tidak banyak, namun faktor jumlah armada dan keterbatasan personel juga pernah jadi penyebab peristiwa kebakaran tak tertanggulangi. Saat petugas menanggulangi kebakaran di lokasi A, saat bersamaan terjadi juga kebakaran di lokasi B.

“Itu memang pernah, tapi kebanyakan kasus tidak bisa kami tangani karena memang faktor medan yang sulit dan tidak ada laporan atau laporan yang masuk ke kami itu telat,” ungkap Iwan.(Nda)

Berita Terbaru