oleh

Lebak Diguyur Hujan Lebat Disertai Angin Kencang, BMKG: Januari-Februari Puncak Musim Hujan

Kabar6-Hujan lebat disertai angin kencang dan kilat atau petir terjadi di wilayah Kabupaten Lebak, Rabu (28/10/2020) sore. Di Kecamatan Kalanganyar, pohon tumbang menimpa rumah warga serta angin kencang merusak bagian atap rumah.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan, saat ini seluruh wilayah Lebak telah memasuki musim penghujan dengan prediksi puncaknya terjadi pada bulan Januari-Februari 2021.

“Selama musim penghujan, potensi hujan ringan, sedang hingga lebat bisa saja terjadi,” kata Kasi Data dan Informasi BMKG Klas 1 Serang, Tarjono, kepada Kabar6.com.

“Karakteristik cuaca di musim penghujan memang demikian. Dampak dari fenomena La Nina adalah sumbangan atau suplai uap air yang bisa mencapai 20-40%,” tambah Tarjono.

Sementara, peringatan dini gelombang tinggi berlaku mulai tanggal 28 sampai 30 Oktober. Kata Tarjono, untuk perairan Selat Sunda bagian Barat dan Selatan serta perairan Selatan Banten diprediksi ketinggian ombak mencapai 4-6 meter.

Setiap hari, ujar Tarjono, BMKG mengeluarkan prakiraan cuaca yang akan di-update satu jam sebelum terjadinya fenomena hujan, angin dan kilat melalui warning atau peringatan dini cuaca.

**Baca juga: Komisi I DPRD Akan Bahas Perizinan PT Semen Lebak.

Dia menyarankan agar masyarakat yang hendak beraktivitas ke luar rumah atau di perairan terus meng-update informasi prakiraan cuaca harian dan gelombang tinggi.

“Masyarakat tetap waspada tetapi tidak perlu panik yang berlebihan,” imbaunya (Nda)

Berita Terbaru