oleh

Layanan di Kantor Kelurahan Cirendeu Lumpuh

Kabar6-Perombakan struktural dalam kabinet (reshuffle) dilingkup Pemerintahan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang digelar akhir pekan kemarin, mulai menuai polemik.

Fakta itu diperlihatkan oleh sejumlah warga serta aparatur wilayah di Cirendeu, Kecamatan Ciputat Timur, yang hari ini, Senin (5/5/2014), melancarkan aksi protes.

Tak tanggung-tanggung, dalam aksinya warga bahkan memblokir Jalan Garuda yang merupakan fasilitas umum, dengan membangun tembok permanen setinggi leher orang dewasa. Otomatis, akses menuju dan dari Kantor Kelurahan Cirendeu serta SDN Negeri 1 terputus.

Dari informasi yang berhasil dihimpun, aksi demo itu dilancarkan warga sebagai sikap protes menyusul digantinya Lurah Cirendeu, Suharto Mardjuki. Hingga, pemblokiran jalan itupun berujung lumpuhnya akses dilokasi.

Diketahui, Suharto masih memiliki hubungan keluarga dengan mendiang Chaerul, pejabat lurah sebelumnya yang digantikannya setelah tutup usia lantaran akibat sakit stroke.

“Kenapa pergantian jabatan lurah dilakukan secara sepihak,” teriak seorang pria saat turut dalam kerumunan warga yang protes.

Selain memutus akses, aksi protes warga juga membuat proses pelayanan di kantor Kelurahan Cirendeu sepanjang Senin (5/5/2014) lumpuh total.

Sebab seluruh pegawai yang kesehariannya bertugas melayani masyarakat di Kantor Kelurahanan Cirendeu terlihat tak nampak. Kuat dugaan, para pegawai tersebut diduga ikut protes.

Selain itu, aksi warga juga berdampak pada terganggunya kegiatan belajar dan mengajar bagi guru dan peserta didik di SDN Negeri 1 Cirendeu.

“Memangnya lahan di bangunan dan jalan ini punya nenek moyangnya memedi (mahkluk gaib),” timpal Asrul, warga pendemo lainnya yang protes dan minta namanya dipalsukan. **Baca juga: Peserta SK Palsu di Tangsel Didesak Mundur.

Sejumlah aparat gabungan TNI/Polri tak mengambil langkah tegas selama aksi warga berlangsung. Petugas hanya terus mengamati prilaku warga pendemo yang telah protes dengan memblokir fasilitas umum. **Baca juga: DBMSDA Tangsel Janji Perbaiki 12 Blok Banjir.

Diketahui, dalam reshuffle kabinet di bawah komando Walikota Airin Rachmi Diany dan Wakil Walikota Benyamin Davnie, Suharto di rotasi ke Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) Kota Tangsel. Meski demikian, hingga kini pengganti Suharto juga masih belum jelas.(yud)

Berita Terbaru