Lantaran Sepi, Penjara di Belanda Akan Disewakan

Salah satu penjara di Belanda (uniqpost.com)
Salah satu penjara di Belanda (uniqpost.com)
Salah satu penjara di Belanda (uniqpost.com)
Salah satu penjara di Belanda (uniqpost.com)

Kabar6-Penjara adalah tempat orang-orang dikurung dan dibatasi berbagai macam kebebasan. Penjara umumnya merupakan institusi yang diatur Pemerintah, dan merupakan bagian dari sistem pengadilan kriminal suatu negara, atau sebagai fasilitas untuk menahan tahanan perang.

Semakin rendah tingkat kesejahteraan suatu negara, maka tingkat kejahatan atau angka kriminalitasnya semakin tinggi, begitu juga sebaliknya. Hal itu berpengaruh pada jumlah tahanan atau penghuni penjara.

Mungkin Anda sering menyaksikan di televisi atau membaca berita tentang kejahatan yang kian marak. Di sisi lain, daya tampung penjara kurang memadai, sehingga terkadang satu sel penjara isinya melebihi kapasitas.

Nah, hal berbeda terjadi di Belanda. Dari 13.500 sel penjara yang tersedia, sepertiganya atau sekitar 4.500 sel penjara terancam ditutup.

Hal ini karena angka kejahatan di Belanda terus menurun tiap tahunnya. Bahkan saat ini Belanda, dikutip dari uniqpost.com, juga menyewakan beberapa sel penjara yang digunakan oleh Pemerintah Norwegia dan Belgia.

Penyebabnya karena rendahnya jumlah tahanan dan efisiensi biaya untuk membayar para sipir. ** Baca juga: Penasaran Rasa Daging Manusia, Pria Ini Menyayat Kakinya

Namun satu hal yang patut ditiru ialah Pemerintah Belanda berhasil menekan angka kejahatan hingga 0.9 persen setiap tahunnya.

Wah damainya…(ilj/bbs)