oleh

Lansia 95 Tahun di Polandia Didakwa Terlibat dalam Pembunuhan 10 Ribu Orang

Kabar6-Seorang perempuan lansia berusia 95 tahun, mantan sekretaris di kamp konsentrasi Nazi, didakwa oleh jaksa Jerman terlibat dalam pembunuhan 10 ribu orang.

Perempuan yang diidentifikasikan sebagai Irmgard F itu, melansir theguardian, bekerja di kamp Stutthof dekat Danzig, sekarang Gdansk, di Polandia yang saat itu diduduki Nazi. Irmgard sendiri kini tinggal di panti jompo, utara Hamburg.

Disebutkan, ini adalah kasus pertama dalam beberapa tahun terakhir terhadap seorang wanita. Jaksa dari kota utara Itzehoe menyatakan, Irmgard yang pada saat itu masih di bawah umur, didakwa dengan membantu dan bersekongkol pembunuhan di lebih dari 10 ribu kasus, serta terlibat dalam percobaan pembunuhan.

“Mengingat bahwa beberapa narapidana selamat tinggal di kamp meskipun kondisi yang tidak bersahabat, beberapa tindakan harus dinilai secara yudisial sebagai percobaan pembunuhan,” tambah Jaksa.

Peter Mueller-Rakow, juru bicara jaksa penuntut, mengatakan bahwa penyelidik telah melakukan penyelidikan yang ‘sangat rumit’ termasuk mewawancarai saksi yang sekarang tinggal di Amerika Serikat (AS) dan Israel.

Sejarawan juga ditugaskan untuk mengevaluasi ruang lingkup pekerjaan terdakwa di kamp, karena pertanyaan kunci dalam kasus ini adalah ‘tanggung jawab konkret’ yang dimiliki dalam pembunuhan tersebut.

“Sekarang terserah pengadilan untuk memutuskan apakah akan membuka kasus,” tambah Mueller-Rakow. ** Baca juga: Tawaran Uang Rp42 Juta untuk Tidur di Kasur

Dalam pandangan jaksa penuntut, terdakwa dapat diadili. Karena usianya pada saat kekejaman, dia akan menghadapi pengadilan remaja. Sementara itu, Jerman telah berlomba untuk mengadili staf Nazi yang selamat, setelah menjatuhkan hukuman pada 2011 terhadap mantan penjaga John Demjanjuk.

Diketahui, Demjanjuk bertugas sebagai bagian dari mesin pembunuh Nazi yang menjadi preseden hukum. Sejak itu, pengadilan telah menjatuhkan beberapa putusan bersalah atas dasar tersebut, daripada pembunuhan atau kekejaman yang secara langsung terkait dengan individu yang dituduh.(ilj/bbs)

Berita Terbaru