oleh

Langganan Banjir, Total Persada Diusulkan Jadi Apartemen

Kabar6-Perumahan Total Persada di Kecamatan Periuk, Kota Tangerang, yang selama ini menjadi langganan banjir diusulkan diganti menjadi apartemen atau rumah susun.

Usulan itu akan ditawarkan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang kepada warga setempat, untuk selanjutnya perumahan itu akan diuruk dan dibangun apartemen atau rumah susun.

Demikian dikatakan Wali Kota Tangerang Wahidin Halim, menyikapi banjir yang kerap melanda Perumahan Total Persada. “Bagaimana tidak banjir, struktur tanah di perumahan itu lebih rendah dari daratan,” ujar Wahidin, Senin (21/1/2013).

Sedianya, kata Wahidin, Pemkot Tangerang sudah pernah mengusulkan hal itu kepada warga Perumahan Total Persada saat banjir tahun lalu. Namun, usulan itu ditolak mentah-mentah oleh warga.

“Mungkin mereka (warga) berfikir bila pemerintah akan menggusur rumah mereka. Padahal tidak, justru bila warga setuju kita akan urug lahan di perumahan itu dan kita bangun menjadi apartemen atau rumah susun untuk warga,” ujar Wahidin lagi.

Menurut Walikota, kesalahan pengembang perumahan adalah membangun rumah penduduk dikawasan yang rendah struktur tanahnya. Padahal dahulu kawasan itu merupakan lokasi resapan air dan danau alam.

Akan tetapi, lanjut Walikota, tetap dipaksakan oleh pengembang untuk dibangun perumahan. Padahal, sebelum perumahan itu dibangun, kawasan itu memang sudah menjadi lahan banjir.

“Kita tidak melarang pembangunan perumahan. Tetapi, setiap perumahan wajib membangun danau dan tandon air dikawasannya. Minimal 2 persen dari RTRW,” kata Wahidin lagi.

Ya, sampai saat ini air banjir yang menggenangi Perumahan Total Persada masih belum surut. Ketinggian air di emukiman warga masih mencapai 1,5 meter. Belum surutnya banjir, membuat ratusan Kepala Keluarga (KK) hingga kini masih bertahan di tenda pengungsian.(rah)

Berita Terbaru