oleh

Landasan Soekarno Hatta Padat, 170 Pesawat Asing Ditolak

Kabar6-Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengatakan, kapasitas landasan pesawat di Bandara Soekarno Hatta (BSH), Tangerang, sudah tidak sanggup melayani tambahan pesawat yang akan mendarat.

Akibatnya, selama setahun terakhir, sekitar 170 pesawat dari luar negeri terpaksa ditolak mendarat.

“Kapasitas landasan pesawat Bandara Soekarno-Hatta sudah tidak cukup lagi dan sangat mendesak harus ditambah,” kata Dahlan Iskan di Bali, Minggu (25/8/2013).

Ia menyebutkan, pada periode 3-4 bulan lalu, dalam 1 jam ada sekitar 60 pesawat yang mendarat di Soekarno-Hatta. Saat ini dalam satu jam, ada 69 pesawat yang mendarat di dua landasan pesawat dan tidak ada slot tambahan lagi.

“Akibat tidak ada slot lagi, sepanjang tahun ini ada 170 pesawat dari luar negeri yang ingin masuk ke Indonesia melalui Soekarno-Hatta, terpaksa kita tolak,” ujarnya.

Dahlan mengungkapkan, lantaran padatnya aktivitas penerbangan di Soekarno-Hatta, ia telah meminta perusahaan pelat merah Adhi Karya untuk melakukan studi pembuatan landasan pesawat baru di pinggir laut Jakarta.

“Saya sudah minta Adhi Karya untuk segera melakukan studi pembangunan landasan baru atau landasan ketiga Bandara Soekarno-Hatta di pinggir utara Jakarta, karena landasan ketiga di Cengkareng tidak mungkin,” kata Dahlan.(bbs/jus)

Berita Terbaru