oleh

Pelanggaran Lalin di Serang Menurun

Kabar6-Hingga hari ke 3 atau Jumat (3/3/2017) malam Operasi Simpatik Kalimaya 2017, Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Serang telah memberikan teguran sebanyak 185 pengendara, sedangkan penindakan sebanyak 156 surat tilang.

“Angka ini jauh menurun dibanding hari ke-3 operasi yang sama pada 2016 lalu, yaitu sebanyak 499 surat tilang dan 525 teguran,” ungkap Kepala Satuan Lalulintas, AKP Lucky Permana Putra melalui Kaur Binops, Iptu Edison Manalu, saat apel jelang digelarnya operasi hari ke 4 di halaman Satlantas Polres Serang, Sabtu (4/3/2017).

Operasi ini akan dilaksanakan hingga 21 Maret mendatang. Manalu menjelaskan menurunnya angka pelanggaran saat ini lebih disebabkan karena sebagian wilayah hukum Polres Serang sudah masuk wilayah hukum Polres Serang Kota.

“Seluruh wilayah Kota Serang kini sudah dibawah kendali Polres Serang Kota. Dan saya berharap menurunnya angka pelanggaran disebakan adanya kesadaran tertib lalulintas dari pengendara,” terang Manalu.

Lebih lanjut Manalu mengatakan, Operasi Simpatik Kalimaya lebih mengedepankan tindakan persuasif dan edukasi kepada masyarakat.

Meski mengedepankan edukasi dan persuasif, polisi tak segan memberikan bukti pelanggaran kepada pengendara yang melanggar lalu lintas. “Operasi Simpatik lebih mengedepankan persuasif, tindakan teguran dan edukasi,” kata Manalu.**Baca juga: Komplotan Pengedar Uang Palsu Tertangkap di Cikupa.

Manalu menambahkan, ada dua sasaran dalam operasi kali ini. Selain di jalan, operasi simpatik juga digelar di beberapa tempat seperti perkantoran, sekolah dan instansi lainnya. “Di instansi instansi dan sekolah kami kedepankan edukasi. Sosialisasi pentingnya disiplin berlalu lintas,” tambahnya.(r)

Berita Terbaru