oleh

Lakukan Sarapan 1 Jam Setelah Bangun Tidur, Ini Alasannya

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Mengatur pola dan jadwal makan merupakan salah satu langkah penting untuk menjaga kesehatan termasuk dalam hal sarapan. Disebutkan, jadwal sarapan yang sangat disarankan adalah satu jam setelah bangun tidur.

Mengapa demikian? Dikutip dari Vemale, berikut alasannya:
1. Tingkatkan mood & kinerja otak
Makan satu jam setelah bangun tidur membantu meningkatkan suasana hati dan kinerja otak. Selain itu juga bisa membantu kinerja otak jadi lebih baik dalam hal mengingat dan berkonsentrasi.

2. Jaga sistem metabolisme tubuh
Sarapan satu jam setelah bangun tidur bisa membangun kadar gula tubuh dan insulin yang baik. Selain itu juga bisa membantu menjaga sistem metabolisme tubuh yang lebih baik.

Saat tidur, metabolisme menurun dan sarapan menjadi starter untuk memulai metabolisme, dan akan lebih baik lagi jika makanan dikonsumsi pada pagi hari dan masuk ke dalam tubuh adalah sayur dan buah.

3. Cegah kalap makan di siang hari
Ketika tidak sarapan satu jam setelah bangun tidur, kemungkinan besar Anda akan mengonsumsi makanan rendah nutrisi dan tinggi kalori menjelang siang karena perut merasa kelaparan.

Biasanya antara jam 8-11 siang, Anda sulit menahan godaan untuk mengemil makanan tak sehat seperti keripik, roti, permen dan lain sebagainya. Akibatnya, berat badan beranjak naik. ** Baca juga: Beberapa Mitos Kesehatan yang Sebaiknya Anda Tahu

Jadi, jangan tinggalkan sarapan Anda ya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru