oleh

Lakukan Pola Makan yang Tepat Agar Tetap Sehat Selama Berpuasa

Kabar6-Meskipun sudah mulai beradaptasi dengan perubahan jam makan selama puasa, tidak jarang Anda masih merasa lapar di siang hari, mengantuk, dan tubuh terasa lemas. Hal ini wajar terjadi, karena tubuh tidak mendapatkan asupan makanan selama lebih dari 12 jam.

Namun saat berbuka puasa, tak sedikit orang yang ‘balas dendam’ dengan melahap makanan dan minuman secara berlebihan. Apabila hal ini menjadi suatu kebiasaan, tentu saja membuat tubuh menjadi tidak sehat.

Lantas, apa yang sebaiknya dilakukan agar tetap sehat selama berpuasa? Melansir beberapa sumber, ketika berbuka puasa, pertama Anda harus banyak minum untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang selama berpuasa. Imbangi dengan makanan rendah lemak dan beberapa menu dengan kandungan gula alami untuk menggantikan energi yang terpakai ketika beraktivitas.

Setelah berbuka puasa, berikan jeda beberapa saat hingga akhirnya Anda ‘makan berat’. Menu yang dikonsumsi bisa sedikit lebih komplek, padukan buah dan sayuran, juga beberapa jenis protein seperti daging, ikan, telur, kacang. Konsumsi nasi secukupnya, jangan terlalu berlebihan agar Anda tidak kekenyangan.

Sama halnya ketika berbuka, saat sahur pun Anda harus tetap banyak minum air, setidaknya 3-4 gelas untuk memastikan tubuh terhidrasi dengan baik. Pilih makanan dengan kandungan serat tinggi yang membuat Anda kenyang lebih lama sekaligus membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit.

Menu sahur yang bisa dikonsumsi seperti oatmeal, sereal, nasi, roti, atau yoghurt. Padukan dengan buah dan sayur untuk kebutuhan vitamin dan mineral tubuh. ** Baca juga: Minum Air Hangat Saat Buka Puasa Baik untuk Kesehatan

Hindari konsumsi makanan manis karena bisa meningkatkan rasa lapar beberapa jam setelah Anda mulai puasa. Hindari terlalu banyak konsumsi garam, karena bisa memicu munculnya rasa haus.

Selain itu, makanan yang dipilih sebagai camilan haruslah memiliki kandungan gizi yang seimbang. Ini artinya, jangan jadikan gorengan atau makanan manis dan makanan siap saji sebagai menu camilan.

Namun jika harus memakannya, disarankan jangan berlebihan dan berikan waktu sebelum akhirnya Anda tidur malam. Yoghurt, jus, atau salad bisa menjadi pilihan camilan yang tepat. Jangan lupa juga mengonsumsi vitamin sesuai kebutuhan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru