oleh

Lakukan 3 Hal Ini Agar Berat Badan Tidak Melonjak Saat Puasa

Kabar6-Sudah menjadi semacam tradisi, selama bulan Ramadan ini ada banyak undangan buka bersama (bukber), entah itu dari kantor, keluarga besar, atau teman-teman sekolah.

Dan tanpa disadari, kebiasaan makan ini ternyata justru membuat berat badan Anda melonjak. Nah, bagaimana agar berat badan tidak melonjak saat puasa? Melansir Womantalk, ini tiga hal yang sebaiknya Anda lakukan:

1. Temukan keseimbangan yang tepat
Seorang ahli diet klinis bernama Sakina Mustansir mengatakan, bulan puasa sebenarnya adalah waktu tidak hanya untuk mengurangi kalori, tetapi tentang mengendalikan kelebihan.

Karena itulah Anda harus menjalani keseimbangan gizi yang tepat agar tetap berenergi, sehat, dan menjaga berat badan. Caranya, hindari makan karbohidrat olahan, serta lebih memilih daging tanpa lemak atau justru ikan dan ayam, untuk asupan protein hewani.

2. Fokus pada nutrisi mikro
Ahli gizi klinis bernama Dr. Nadine Aoun mengatakan, mereka yang menjalani puasa lebih dari 12 jam perlu fokus pada nutrisi mikro. “Sementara sereal, kacang-kacangan, susu skim, yoghurt, telur, unggas, dan kacang-kacangan dapat menjaga nutrisi makro yang dibutuhkan tubuh, penting juga untuk fokus pada nutrisi mikro seperti mineral, vitamin dan enzim yang diperlukan untuk menjaga berat badan tetap sehat dan dalam kondisi kesehatan optimal,” katanya.

3. Hindari makanan yang digoreng & bergula saat buka puasa
Hal yang sebaiknya diketahui, pola makan di bulan puasa juga sebenarnya tiga kali makan. Pertama saat sahur, kedua saat buka puasa dengan makanan yang tidak berlebihan, ketiga makan malam, dan mungkin ditambah dengan sedikit camilan sebelum tidur.

Ditambahkan Sakina agar Anda tidak memiliki pemikiran bahwa tubuh sedang kekurangan makanan saat puasa, sehingga melakukan balas dendam dengan makanan yang digoreng dan bergula saat puasa, yang justru bisa membuat berat badan jadi melonjak. ** Baca juga: Penelitian: Konsumsi Ikan Seporsi dalam Sepekan Bantu Cegah Pengikisan Daya Ingat

Yuk, jalankan ibadah puasa dengan cara yang sehat.(ilj/bbs)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru