oleh

Lahan Kering 3,5 Hektar Hangus Terbakar

Kabar6-Akibat kemarau pnjang yang berdampak pada kekeringan, semak belukar pada lahan tidur seluas 3,5 hektar di Jalan Teuku Umar, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang terbakar, Rabu (12/9/2012).

Beruntung api tidak menyebar ke pemukiman penduduk meskipun petugas dari pemadam kebakaran kesulitan melakukan pemadaman.

Dugaan kuat, kekeringan tanaman dan semak belukar akibat kemarau panjang yang terjadi sejak beberapa bulan terkahir menjadi penyebabnya.

Ditambah, panas terik matahari yang dibantu gesekan tanaman kering memudahkan titik api muncul dan dengan cepat menyebar.

“Api tiba-tiba membesar dan mengeluarkan asap hitam tebal, warga panik,” kata Dedi, saksi mata sekaligus warga sekitar.

Menurut Dedi, kemarau panjang tidak hanya membuat warga kesulitan air, namun juga membuat sejumlah lahan tidur di wilayahnya sering mengalami kebakaran kecil. Namun kali ini, kebakarannya sangat hebat dan jalaran api sangat cepat.

“Asap tebal yang ditimbulkan dari kebakaran lahan tersebut sempat mengganggu pengendara yang melintas. Untung pemadam kebakaran cepat datang,” jelasnya.

Pantauan di lokasi, asap tebal bercampur abu dari semak belukar yang terbakar juga ditimbulkan kepanikan pengguna jalan. Sebab, api membumbung tinggi, yang diselingi sengatan panas penuh dengan asap tebal warna hitam.

“Saya panik lah, jarak pandang menjadi terbatas. Lihat saja pengguna jalan lain terpaksa melaju perlahan dan menyalakan lampu untuk menghindari kecelakaan,” ucap Herman, pengguna jalan.

Sementara itu, petugas pemadam kebakaran yang tiba di lokasi mengaku sempet kesulitan menjinakkan api yang tersebar di beberapa titik.

Bahkan pintu pagar yang digembok pemilik lahan membuat petugas pemadam kebakaran terpaksa menjebol paksa rantai pagar untuk memudahkan pemadaman.

Akhirnya, setelah hampir dua jam api menjliat seluruh semak belukar, tiga unit mobil pemadam kebakaran Kota Tangerang yang diterjunkan mampu menjinakkan api.

Namun, saat penjinakan sempat terjadi kemacetan panjang hingga dua kilometer di sepanjang jalan Teuku Umar.(iqmar)

Berita Terbaru