oleh

Ladies, Ketahui Beberapa Fakta Tentang Menstruasi

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Secara normal, setiap bulan wanita akan dikunjungi “tamu bulanan” alias mengalami menstruasi. Meskipun rutin mengalami, terkadang tidak sedikit wanita yang belum paham pengetahuan seputar menstruasi.

Nah, berikut adalah lima fakta tentang menstruasi yang sebaiknya Anda ketahui, seperti dilansir laman Woman’s Day:
1. Setiap siklus menstruasi mengeluarkan darah sekira 4-12 sendok teh. Jika Anda mengganti pembalut setiap beberapa jam, dan siklus Anda hanya berlangsung selama beberapa hari, hal ini menandakan siklus Anda normal.

Namun, jika Anda harus mengganti pembalut setiap jam atau Anda mengeluarkan darah yang cukup banyak selama tujuh hari atau lebih, sebaiknya berkonsultasi ke dokter.

2. Warna darah menstruasi tergantung dari seberapa deras aliran darah Anda. Darah akan melewati rahim (uterus), leher rahim (serviks), dan keluar dari vagina. Darah akan berwarna lebih gelap (kecokelatan) ketika Anda memasuki hari di mana aliran darah Anda telah melambat.

3. Masalah pencernaan sangat umum terjadi saat siklus menstruasi. Penyebabnya adalah prostaglandins, zat yang menyebabkan kram, juga dapat menyebabkan usus Anda berkontraksi, sehingga timbul rasa mulas.

4. Meskipun darah yang dikeluarkan telah sedikit, Anda tetap harus mengganti pembalut setiap 4-8 jam, untuk mencegah terjadinya infeksi.

5. Gumpalan darah ketika menstruasi disebabkan aliran darah yang deras mengalahkan pelepasan anticoagulants (zat untuk mencairkan bekuan darah) di dalam tubuh. Gumpalan tersebut biasanya berukuran kecil atau sebesar buah kismis. ** Baca juga: Apa Jenis Olahraga Paling Pas Untuk yang Sedang Diet?

Semoga berguna.(ilj/bbs)

Berita Terbaru