oleh

Laba-laba Kanibal Mirip Burung Pelikan

Kabar6-Para peneliti mengungkapkan penemuan laba-laba pelikan yang hidup di Madagaskar. Disebut demikian karena bentuk kepala dan mulutnya sangat mirip dengan pelikan.

Saat pertama kali ditemukan pada 1854 dalam sebuah ambar, seperti dilansir National Geographic, para naturalis mengira bahwa spesimen tersebut merupakan peninggalan zaman dahulu. Namun pada 1881, laba-laba pelikan yang masih hidup ditemukan di Madagaskar.

Laba-laba memiliki panjang sekira 2-8 milimeter, dengan kepala memanjang dan leher, serta rahang yang menonjol. Hewan ini juga terkenal sebagai kanibal yang berkeliaran di malam hari. Ia akan mengawasi jaring yang sudah dipintal laba-laba lainnya.

Ketika sudah menemukan targetnya, laba-laba pelikan akan memetik seutas jaring, member kesan seolah-olah ada serangga yang tertangkap di sana. Saat laba-laba pemilik jaring mendekatinya untuk mengecek keadaan, hewan kanibal ini langsung menyerang dan menusuknya dengan rahang panjang yang dimiliki. ** Baca juga: Lucu, Perampok Bersenjata Gagal Beraksi Gara-gara Alat Bantu Seks

Habitat laba-laba pelikan adalah hutan-hutan terpencil di Australia, Afrika Selatan dan Madagaskar. Bentuknya yang kecil membuat laba-laba pelikan susah ditemukan. Hal yang menarik, laba-laba pelikan yang hidup sekarang ini mirip dengan yang ditemukan pada sebuah ambar, mulai dari 165 juta tahun lalu hingga era dinosaurus, yang membuat mereka menjadi semacam ‘fosil hidup’.(ilj/bbs)

Berita Terbaru