oleh

Kurangi Konsumsi Garam Jika Anda ‘Hobi’ Sakit Kepala

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Ungkapan ‘bagai sayur tanpa garam’ menggambarkan betapa bumbu yang satu ini sangat dibutuhkan oleh manusia. Ya, garam akan membuat makanan terasa lebih lezat.

Meskipun demikian, bukan berarti Anda bebas mengonsumsi garam tanpa batas. Diketahui, konsumsi garam berlebih bisa memicu beragam kondisi mulai dari stroke, serangan jantung, bahkan sakit kepala.

Profesor Dr Bruce Neal, Director of Food Policy, George Institute for Global Health, dikutip dari Detik, mengatakan saat ini orang justru cenderung berlebihan mengonsumsi garam.

Rata-rata konsumsi garam penduduk dunia sekira 10 gram per hari. Sementara World Health Organization (WHO) merekomendasikan orang dewasa mengonsumsi tak lebih dari lima gram per hari.

Diingatkan oleh Bruce, serangan sakit kepala yang mengganggu bisa juga terjadi karena konsumsi garam berlebihan. ** Baca juga: Ponsel Jadi Salah Satu Penyebab Mengapa Seseorang Selingkuh

“Apa yang garam lakukan di dalam tubuh adalah dia meningkatkan tekanan darah. Semakin tinggi tekanan darah maka akan semakin tinggi pula risiko untuk stroke atau serangan jantung. Hal-hal yang umumnya membuat kita meninggal,” ujarnya, seperti dikutip dari ABC Australia.

Sebuah studi yang dilakukan peneliti dari John Hopkins University pada 2014 silam menemukan bahwa memangkas konsumsi garam sampai tiga gram sehari atau setengah sendok teh mampu menurunkan risiko sakit kepala hingga 31 persen.

Dengan berkurangnya konsumsi garam, tekanan darah akan turun hingga denyut nadi jadi tidak terlalu cepat. (ilj/bbs)

Berita Terbaru