oleh

Kurangi Kebiasaan Merokok dengan 5 Jenis Makanan dan Minuman Sehat

Kabar6-Banyak orang yang mengalami kesulitan menghentikan kebiasaan merokok mereka. Padahal, sudah berbagai cara dilakukan untuk menghentikan kebiasaan tadi.

Tahukah Anda, ada cara mudah yang dapat dicoba untuk menghentikan kebiasaan merokok? Mengonsumsi makanan tertentu dapat meningkatkan peluang menjauhi rokok dan membantu meningkatkan kesehatan Anda. Melansir MSN, ini lima jenis makanan atau minuman sehat yang dimaksud:

1. Sayuran
Konsumsi sayuran seperti wortel, brokoli, dan seledri akan mengembalikan nutrisi dalam tubuh Anda yang hilang. Hal tersebut juga dapat menjaga mulut Anda agar tidak merasa aneh saat mencoba berhenti merokok. Anda bisa merebus sayuran-sayuran tersebut.

2. Buah-buahan
Konsumsi buah-buahan segar seperti apel, pir, anggur, jeruk untuk membantu mengembalikan selera, karena merokok mempengaruhi selera dan rasa Anda. Buah-buahan ini kaya akan vitamin dan mineral yang akan membantu mengembalikan nutrisi yang terkuras oleh kebiasaan merokok Anda.

Ketika Anda mencoba untuk berhenti merokok, pastinya akan menginginkan sesuatu yang manis untuk dimakan, maka konsumsilah buah-buahan tersebut.

3. Susu
Mengonsumsi produk susu akan membuat rasa rokok semakin buruk. Setiap kali Anda memiliki keinginan untuk merokok, konsumsilah susu karena membuat rokok terasa tidak enak ketika Anda merokok dan pahit setelah dicicipi. Ini akan membantu mencegah Anda dari merokok.

4. Popcorn
Jika Anda memiliki keinginan untuk merokok, segera konsumsi popcorn, merupakan sumber serat hebat yang berkaitan dengan pengurangan risiko penyakit jantung, diabetes, dan masalah kesehatan lainnya.

5. Teh gingseng
Mengonsumsi teh ginseng akan mengurangi efek kecanduan nikotin. Ini akan membuat rokok terasa tidak enak dan akan membantu mengurangi kebiasaan merokok.

Anda juga bisa melakukan terapi pengganti nikotin dengan cara mengunyah permen karet, permen rasa mint tanpa gula, melakukan olahraga, dan melakukan relaksasi. ** Baca juga: Penggunaan Hand Sanitizer Tidak Berikan Perlindungan Jangka Panjang

Hal yang sebaiknya diperhatikan, hindari makanan yang akan mengganggu rencana Anda untuk berhenti merokok seperti kopi, alkohol, hingga gorengan. Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru