oleh

Kurangi Kalori Tanpa Rasa Lapar, Begini Caranya

Kabar6-Mengurangi kalori bukan berarti kita akan merasa kelaparan atau mengurangi jumlah makanan secara drastis. Dengan mengonsumsi makanan yang tepat, Anda dapat tetap merasa kenyang dengan porsi kalori lebih sedikit.

Dalam penelitian yang dilakukan pada 2012 lalu, melansir healthyeating.sfgate, para peserta yang mengganti minuman manisnya dengan air putih dan porsi makan yang sama mengalami penurunan berat badan hingga 2-2,5 persen dari berat badannya semula dalam waktu enam bulan.

Bagaimana Anda memasak makanan juga dapat mempengaruhi jumlah makanan yang dikonsumsi, terutama makanan yang digoreng. Pilihlah makanan yang dipanggang, dibakar, direbus, dikukus, atau ditumis sebisa mungkin untuk menghindari kalori tambahan.

Langkah ketiga yang perlu dilakukan adalah jangan lupa untuk mengonsumsi protein dan serat yang dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama dengan kalori yang lebih rendah.

Sayuran merupakan makanan yang mengandung banyak serat dan rendah kalori. Makanan yang mengandung protein dan serat adalah daging, telur, kacang-kacangan, sayuran, gandum, sereal, dan bahkan popcorn. ** Baca juga: Ini 4 Hal yang Jangan Dilakukan pada Miss V

Hal terpenting, makan hanya ketika Anda merasa lapar. Konsumsi cukup air putih di sepanjang hari agar Anda tidak salah mengartikan rasa haus dengan rasa lapar. Minumlah segelas air terlebih dahulu sebelum makan untuk memastikan Anda memang benar-benar merasa lapar.(ilj/bbs)

Berita Terbaru