Kurangi Kalori dalam Tubuh dengan 7 Cara Mudah

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Umumnya orang menganggap bahwa kalori berhubungan erat dengan berat badan. Karena itulah melakukan latihan berat dianggap dapat membakar kalori banyak. Padahal selain latihan berat, ada cara lain yang lebih mudah untuk mengurangi kalori. Dikutip dari berbagai sumber, berikut adalah tujuh cara mudah yang bantu kurangi kalori:

1. Konsumsi makanan kecil 4-5 kali sehari
Anda bisa membagi makanan dalam porsi lebih kecil, misalnya menjadi empat sampai lima kali sehari. Keuntungannya, dapat mengurangi lapar yang Anda alami pada jam-jam tanggung.

2. Sediakan buah-buahan sebagai makanan ringan
Buah kaya kandungan serat dan air, sehingga dapat dengan mudah ‘mengisi’ perut saat lapar. Dengan kandungan mineral, vitamin penting, lemak dan kalori relatif rendah, mengonsumsi buah dapat menjaga tubuh tetap langsing tanpa meningkatkan lingkar pinggang.

3. Perbanyak konsumsi sayuran
Memulai makan dengan sayuran atau salad, dan selanjutnya mengonsumsi makanan berkarbohidrat tinggi selalu dianjurkan. Sayuran sarat dengan serat dan dibutuhkan beberapa saat agar bisa dicerna, sehingga Anda akan merasakan kenyang lebih lama.

4. Cukup konsumsi air
Minum banyak air merupakan strategi yang sangat bagus untuk mengurangi kalori. Studi menunjukkan, asupan 0,5 l air dapat menyebabkan peningkatan pembakaran kalori dalam waktu satu jam, dengan demikian terjadi penurunan berat badan.

Selain itu, mengonsumsi air putih sebelum makan dapat menyebabkan pengurangan nafsu makan, sehingga menyebabkan berkurangnya kalori. Air 100 persen bebas kalori dan karenanya bisa diandalkan sepenuhnya untuk mengurangi asupan kalori.

5. Hindari soda & gula berlebihan
Tingginya nilai kalori yang terkandung dalam minuman manis dapat membuat kenaikan berat badan. Menghindari minuman manis dan menggantinya dengan air mineral yang benar-benar bebas kalori selalu merupakan pilihan tepat untuk mengurangi kalori.

6. Konsumsi makanan tinggi protein
Kacang-kacangan, biji-bijian dan makanan ringan lainnya yang mengandung protein tinggi dapat dengan mudah mengurangi nafsu makan Anda sehingga mengurangi asupan kalori.

7. Makanan buatan rumah
Memasak makanan di rumah akan selalu menjadi pilihan yang lebih sehat. Makanan rumah membantu mengurangi kalori karena Anda sendiri yang memilih bahan-bahan sehat untuk dimasak. ** Baca juga: Hindari Isi Termos dengan 4 Jenis Minuman Ini

Yuk, dicoba.(ilj/bbs)